Sabtu, 20 Juli 2019

SILABUS PRAKARYA/KWU KLS XI


SILABUS


PKWU (Kerajinan)           
Satuan Pendidikan              : SMA AL – ALZHAR 3 Bandar Lampung
Kelas                                      : XI (Sebelas)
Alokasi waktu                      : 2 Jam Pembelajaran/minggu
Kompetensi Inti                   :
KI-1:    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI-2:    Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan kawasan internasional”.
KI 3:    Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI4:     Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
3.1    Memahami perencanaan usaha kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun datar (sebagai solusi dari masalah lingkungan hidup) meliputi ide, peluang usaha, sumber daya, administrasi dan pemasaran
·    Ide dan peluang usaha
·    Analisa peluang usaha
·    Sumber daya yang di butuhkan
·    Administrasi dan pemasaran
·    Komponen perencanaan usaha
·    Langkah-langkah penyusunan perencanaan usaha
·    Membaca dan mencermati model perencanaan usaha kerajinan
·    Membuat pertanyaan  terhadap apa yang belum diketahui
·    Mengumpulkan data/informasi tentang ide dan peluang usaha, analisa peluang usaha, sumber daya yang di butuhkan serta administrasi dan pemasaran
·    Membuat  perencanaan usaha  kerajinan 
·    Mengolah  informasi dan data yang diperoleh, membuat hubungan antara pengetahuan dan praktik dalam bentuk perencanaan usaha dan menyimpulkan
·    Menyajkan hasil analisis dan simpulan tentang perencanaan usaha yang dibuat dalam bentuk lisan dan tulisan
4.1    Menyusun perencanaan usaha kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun datar (sebagai solusi dari masalah lingkungan hidup) meliputi ide, peluang usaha, sumber daya, administrasi dan pemasaran
3.2    Menganalisis sistem produksi kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun datar berdasarkan daya dukung yang dimiliki oleh daerah setempat
·    Jenis dan karakteristik bahan dan alat kerajinan
·    Macam-macam  kerajinan bahan limbah berbentuk bangun datar
·    Teknik produksi kerajinan
·    Tahapan proses produksi kerajinan
·    Jenis dan kegunaan bahan kemas
·    Teknik penyajian dan pengemasan
·    Mengamati berbagai produk kerajinan di industri sekitar sekolah, toko kerajinan, internet, video dan atau membaca literatur/buku teks
·    Mengumpulkan data/informasi untuk memperoleh jawaban dari berbagai pertanyaan yang dikembangkan
·    Latihan membuat kerajinan 
·    Mengolah atau menganalisis  informasi yang  telah dikumpulkan  dari  kegiatan  mengamati dan eksperimen produksi kerajinan serta membuat hubungan keduanya dan menyimpulkan
·    Menyajkan hasil analisis dan simpulan dalam berbagai bentuk media (lisan dan tulisan)
4.2    Memproduksi kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun datar berdasarkan daya dukung yang dimiliki oleh daerah setempat
3.3    Memahami perhitungan titik impas (Break Even Point) usaha kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun datar
·    Pengertian BEP
·    Biaya tetap
·    Biaya variabel
·    Perhitungan BEP
·    Membaca literatur atau buku teks Titik Impas (BEP) kerajinan
·    Mengumpulkan data/informasi tentang untuk memperoleh jawaban dari berbagai pertanyaan yang dikembangkan
·    Latihan menghitung titik impas sesuai kasus yang diberikan guru dan mengevaluasi hasil perhitungan
·    Mengolah dan menganalisis data yang terkumpul dari hasil diskusi dan latihan serta membuat kesimpulan
·    Menyajikan  hasil  analisis dan simpulan tentang hasil diskusi dan latihan serta membuat kesimpulan
4.3    Menghitung titik impas (Break Even Point) usaha kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun datar
3.4    Menganalisis strategi promosi produk usaha kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun datar.
·    Mengenal konsumen dan pesaing
·    Strategi promosi
·    Rencana promosi
·    Media promosi
·    Mengamati kegiatan promosi produk kerajinan dengan  cara  observasi  ke pasar/super market/ sentra  penjualan  di sekitar sekolah atau  membaca/menyimak dari  berbagai literatur atau nara sumber lain
·    Membuat pertanyaan dan berdiskusi  untuk mendapatkan informasi tentang konsumen dan pesaing, strategi promosi, rencana dan media promosi
·    Mengumpulkan data/informasi untuk menjawab pertanyaan dan memperkuat pemahaman tentang promosi produk
·    Latihan  memasarkan produk kerajinan  melalui berbagai strategi promosi
·    Menganalisis dan menyimpulkan informasi/data serta menghubungkannya
·    Menyajikan hasil analisis dan simpulan tentang  promosi  produk  dalam berbagai bentuk  media (lisan/tulisan)
4.4    Melakukan promosi produk usaha kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun datar.
3.5    Menganalisis laporan kegiatan usaha kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun datar
·    Komponen laporan kegiatan
·    Teknik pembuatan laporan
·    Tahap pembuatan laporan
·    Mengamati  komponen laporan kegiatan usaha dengan menggunakan berbagai sumber belajar yang relevan
·    Membuat pertanyaan untuk mendapatkan informasi tentang laporan kegiatan usaha
·    Mengumpulkan data/informasi tentang laporan kegiatan usaha
·    Berlatih membuat laporan kegiatan usaha yang telah dilakukan
·    Menganalisis dan menyimpulkan  informasi/data serta menghubungkan teori dan praktik pembuatan laporan yang dilakukan
·    Menyajikan hasil analisis dan simpulan tentang  laporan hasil kegiatan dalam berbagai bentuk media (lisan/tulisan
4.5    Menyusun laporan kegiatan usaha kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun datar.
3.6    Memahami perencanaan usaha kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun ruang (sebagai solusi dari masalah lingkungan hidup) meliputi ide, peluang usaha, sumber daya, administrasi dan pemasaran.
·    Ide dan peluang usaha
·    Analisa peluang usaha
·    Sumber daya yang di butuhkan
·    Administrasi dan pemasaran
·    Komponen perencanaan usaha
·    Langkah-langkah penyusunan perencanaan usaha
·    Membaca dan mencermati model perencanaan usaha kerajinan
·    Membuat pertanyaan  terhadap apa yang belum diketahui
·    Mengumpulkan data/informasi tentang ide dan peluang usaha, analisa peluang usaha, sumber daya yang di butuhkan serta administrasi dan pemasaran
·    Membuat  perencanaan usaha  kerajinan 
·    Mengolah  informasi dan data yang diperoleh, membuat hubungan antara pengetahuan dan praktik dalam bentuk perencanaan usaha dan menyimpulkan
·    Menyajkan hasil analisis dan simpulan tentang perencanaan usaha yang dibuat dalam bentuk lisan dan tulisan
4.6    Membuat perencanaan usaha kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun ruang (sebagai solusi dari masalah lingkungan hidup) meliputi ide, peluang usaha, sumber daya, administrasi dan pemasaran.
3.7    Menganalisis system produksi kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun ruang berdasarkan daya dukung yang dimiliki oleh daerah setempat
·    Jenis dan karakteristik bahan dan alat kerajinan
·    Macam-macam  kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun ruang
·    Teknik produksi kerajinan
·    Tahapan proses produksi kerajinan
·    Jenis dan kegunaan bahan kemas
·    Teknik penyajian dan pengemasan
·    Mengamati berbagai produk kerajinan di industri sekitar sekolah, toko kerajinan, internet, video dan atau membaca literatur/buku teks
·    Mengumpulkan data/informasi untuk memperoleh jawaban dari berbagai pertanyaan yang dikembangkan
·    Latihan membuat kerajinan 
·    Mengolah atau menganalisis  informasi yang  telah dikumpulkan  dari  kegiatan  mengamati dan eksperimen produksi kerajinan serta membuat hubungan keduanya dan menyimpulkan
·    Menyajkan hasil analisis dan simpulan dalam berbagai bentuk media (lisan dan tulisan)
4.7    Memproduksi kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun ruang berdasarkan daya dukung yang dimiliki oleh daerah setempat.
3.8    Memahami perhitungan titik impas (Break Even Point) usaha kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun ruang
·    Biaya Tetap
·    Biaya Tidak Tetap
·    Taksiran Harga Jual
·    Perhitungan titik impas
·    Membaca literatur atau buku teks Titik Impas (BEP) kerajinan
·    Mengumpulkan data/informasi tentang untuk memperoleh jawaban dari berbagai pertanyaan yang dikembangkan
·    Latihan menghitung titik impas sesuai kasus yang diberikan guru dan mengevaluasi hasil perhitungan
·    Mengolah dan menganalisis data yang terkumpul dari hasil diskusi dan latihan serta membuat kesimpulan
·    Menyajikan  hasil  analisis dan simpulan tentang hasil diskusi dan latihan serta membuat kesimpulan
4.8    Menghitung titik impas (Break Even Point) usaha kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun ruang
3.9    Menganalisis strategi promosi produk usaha kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun ruang
·    Mengenal konsumen dan pesaing
·    Strategi promosi
·    Rencana promosi
·    Media promosi
·    Mengamati kegiatan promosi produk kerajinan dengan  cara  observasi  ke pasar/super market/ sentra  penjualan  di sekitar sekolah atau  membaca/menyimak dari  berbagai literatur atau nara sumber lain
·    Membuat pertanyaan dan berdiskusi  untuk mendapatkan informasi tentang konsumen dan pesaing, strategi promosi, rencana dan media promosi
·    Mengumpulkan data/informasi untuk menjawab pertanyaan dan memperkuat pemahaman tentang promosi produk
·    Latihan  memasarkan produk kerajinan  melalui berbagai strategi promosi
·    Menganalisis dan menyimpulkan informasi/data serta menghubungkannya
·    Menyajikan hasil analisis dan simpulan tentang  promosi  produk  dalam berbagai bentuk  media (lisan/tulisan)
4.9    Melakukan promosi produk usaha kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun ruang
3.10        Menganalisis laporan kegiatan usaha kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun ruang
·    Komponen laporan kegiatan
·    Teknik pembuatan laporan
·    Tahap pembuatan laporan
·    Mengamati  komponen laporan kegiatan usaha dengan menggunakan berbagai sumber belajar yang relevan
·    Membuat pertanyaan untuk mendapatkan informasi tentang laporan kegiatan usaha
·    Mengumpulkan data/informasi tentang laporan kegiatan usaha
·    Berlatih membuat laporan kegiatan usaha yang telah dilakukan
·    Menganalisis dan menyimpulkan  informasi/data serta menghubungkan teori dan praktik pembuatan laporan yang dilakukan
·    Menyajikan hasil analisis dan simpulan tentang  laporan hasil kegiatan dalam berbagai bentuk media (lisan/tulisan
4.10        Menyusun laporan kegiatan usaha kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun ruang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Latihan soal PAS Kewirausahaan kelas XI

  Asalamu'alaikum anak2 ku kelas XI minal aidzin walfaidzin mohon maaf lahir batin ya anak2ku, ✨ Semangat kembali mengikuti Pembelajaran...