SILABUS
PKWU (Kerajinan)
Satuan
Pendidikan : SMA AL –AZHAR 3BANDAR LAMPUNG
Kelas : XII (Dua
Belas)
Alokasi
waktu : 2 Jam
Pembelajaran/minggu
Kompetensi
Inti :
KI-1: Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya.
KI-2:
Menghayati dan mengamalkan
perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran,
damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam berinteraksi secara
efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah,
masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan
kawasan internasional”.
KI 3: Memahami, menerapkan, dan menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya
di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu
menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
3.1
Memahami perencanaan usaha kerajinan
yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan lingkungan sekitar/pasar lokal
meliputi ide dan peluang usaha, sumber daya, administrasi, dan pemasaran
|
· Memahami
ide dan peluang usaha kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan
lingkungan sekitar/pasar lokal
· Memahami
analisa peluang usaha kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan
lingkungan sekitar/pasar lokal
· Memahami
sumber daya yang di butuhkan untuk usaha kerajinan yang berdasarkan pada
kebutuhan dan keinginan lingkungan sekitar/pasar lokal
· Memahami
administrasi dan pemasaran usaha kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan
dan keinginan lingkungan sekitar/pasar lokal
· Memahami
komponen perencanaan usaha kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan
keinginan lingkungan sekitar/pasar lokal
· Memahami
langkah-langkah penyusunan proposal usaha kerajinan yang berdasarkan pada
kebutuhan dan keinginan lingkungan sekitar/pasar lokal
|
· Ide
dan peluang usaha
· Analisa
peluang usaha
· Sumber
daya yang di butuhkan
· Administrasi
dan pemasaran
· Komponen
perencanaan usaha
· Langkah-langkah
penyusunan perencanaan/proposal usaha
|
·
Membaca dan mencermati model
perencanaan/proposal usaha kerajinan
·
Membuat pertanyaan terhadap apa yang belum diketahui
·
Mengumpulkan data/informasi tentang
ide dan peluang usaha, analisa peluang usaha, sumber daya yang di butuhkan
serta administrasi dan pemasaran
·
Membuat perencanaan/proposal usaha kerajinan
·
Mengolah informasi dan data yang diperoleh, membuat
hubungan antara pengetahuan dan praktik dalam bentuk perencanaan usaha dan
menyimpulkan
·
Menyajkan hasil analisis dan simpulan
tentang perencanaan usaha yang dibuat dalam bentuk lisan dan tulisan
|
4.1
Menyusun perencanaan usaha kerajinan
yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan lingkungan sekitar/pasar lokal
meliputi ide dan peluang usaha, sumber daya, administrasi, dan pemasaran
|
· Menyusun
perencanaan usaha kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan
lingkungan sekitar/pasar lokal meliputi ide dan peluang usaha, sumber daya,
administrasi, dan pemasaran
|
||
3.2
Menganalisis sistem produksi
kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan lingkungan
sekitar/pasar lokal berdasarkan daya dukung yang dimiliki oleh daerah
setempat
|
· Memahami
jenis dan karakteristik bahan dan alat kerajinan
· Menganalisis
macam-macam kerajinan berdasarkan
inspirasi budaya lokal
· Menganalisis
teknik produksi kerajinan
· Menganalisis
tahapan proses produksi kerajinan
· Menganalisis
jenis dan kegunaan bahan kemas
· Menganalisis
teknik penyajian dan pengemasan
|
· Jenis
dan karakteristik bahan dan alat kerajinan
· Macam-macam kerajinan berdasarkan inspirasi budaya
lokal
· Teknik
produksi kerajinan
· Tahapan
proses produksi kerajinan
· Jenis
dan kegunaan bahan kemas
· Teknik
penyajian dan pengemasan
|
·
Mengamati
berbagai produk kerajinan di industri sekitar sekolah, toko kerajinan,
internet, video dan atau membaca literatur/buku teks
·
Mengumpulkan
data/informasi untuk memperoleh jawaban dari berbagai pertanyaan yang
dikembangkan
·
Latihan
membuat kerajinan
·
Mengolah
atau menganalisis informasi yang telah dikumpulkan dari
kegiatan mengamati dan
eksperimen produksi kerajinan serta membuat hubungan keduanya dan
menyimpulkan
·
Menyajkan
hasil analisis dan simpulan dalam berbagai bentuk media (lisan dan tulisan)
|
4.2
Memproduksi kerajinan berdasarkan
pada kebutuhan dan keinginan lingkungan sekitar/pasar lokal berdasarkan daya
dukung yang dimiliki oleh daerah setempat
|
· Memproduksi
kerajinan berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan lingkungan sekitar/pasar
lokal berdasarkan daya dukung yang dimiliki oleh daerah setempat
|
||
3.3
Memahami perhitungan titik impas
(Break Even Point) usaha kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan
keinginan lingkungan sekitar/ pasar lokal
|
· Mengidentifikasi
informasi tentang perhitungan titik impas /BEP ( Break Event Point ) usaha
kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan lingkungan sekitar/
pasar lokal
· Mengolah
informasi yang didapat tentang penghitungan titik impas /BEP ( Break Event
Point ) usaha kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan
lingkungan sekitar/ pasar lokal
· Menganalisis
hasil pengamatan/kajian literatur dan
diskusi tentang penghitungan titik impas /BEP ( Break Event Point ) usaha
kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan lingkungan sekitar/
pasar lokal
· Menyimpulkan
hasil pengamatan/kajian literatur dan
diskusi tentang penghitungan titik impas /BEP ( Break Event Point ) usaha
kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan lingkungan sekitar/
pasar lokal
|
· Pengertian
BEP
· Biaya
tetap dalam usaha kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan
lingkungan sekitar/ pasar lokal
· Biaya
variabel usaha kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan
lingkungan sekitar/ pasar lokal
· Perhitungan
BEP usaha kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan lingkungan
sekitar/ pasar lokal
|
· Membaca
literatur atau buku teks Titik Impas (BEP) kerajinan
· Mengumpulkan
data/informasi tentang untuk memperoleh jawaban dari berbagai pertanyaan yang
dikembangkan
· Latihan
menghitung titik impas sesuai kasus yang diberikan guru dan mengevaluasi
hasil perhitungan
· Mengolah
dan menganalisis data yang terkumpul dari hasil diskusi dan latihan serta
membuat kesimpulan
· Menyajikan hasil
analisis dan simpulan tentang hasil diskusi dan latihan serta membuat
kesimpulan
|
4.3
Menyusun rencana pengembangan usaha
kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan lingkungan
sekitar/pasar lokal
|
· Menghitung
titik impas (break even point) usaha kerajinan yang berdasarkan pada
kebutuhan dan keinginan lingkungan sekitar/ pasar lokal
· Menyajikan
hasil penghitungan titik impas /BEP (
Break Event Point ) usaha kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan
keinginan lingkungan sekitar/ pasar lokal
|
||
3.4
Menganalisis media promosi untuk
produk hasil usaha kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan
lingkungan sekitar/pasar lokal
|
· Menganalisis
fungsi dan tujuan promosi
· Menganalisis
bentuk-bentuk media promosi produk
hasil usaha kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan
lingkungan sekitar/pasar lokal
· Memahami
pemilihan media promosi yang tepat
· Menganalisis
prosedur pembuatan media promosi produk hasil usaha kerajinan yang
berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan lingkungan sekitar/pasar lokal
|
· Fungsi
dan tujuan promosi
· bentuk-bentuk media promosi produk hasil usaha kerajinan
yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan lingkungan sekitar/pasar lokal
· pemilihan
media promosi yang tepat
· pembuatan
media promosi produk hasil usaha kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan
dan keinginan lingkungan sekitar/pasar lokal
|
·
Mengamati
kegiatan media promosi produk kerajinan dengan cara
observasi ke pasar/super
market/ sentra penjualan di sekitar sekolah atau membaca/menyimak dari berbagai literatur atau nara sumber lain
·
Membuat
pertanyaan dan berdiskusi untuk
mendapatkan informasi tentang media promosi
·
Mengumpulkan
data/informasi untuk menjawab pertanyaan dan memperkuat pemahaman tentang
media promosi
·
Latihan memasarkan produk kerajinan melalui berbagai media promosi
·
Menganalisis
dan menyimpulkan informasi/data serta menghubungkannya
·
Menyajikan
hasil analisis dan simpulan tentang
media promosi dalam berbagai bentuk
media (lisan/tulisan)
|
4.4
Merancang media promosi untuk produk
hasil usaha kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan
lingkungan sekitar/pasar lokal
|
· Melakukan
promosi produk hasil usaha kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan
keinginan lingkungan sekitar/pasar lokal
· Menyajikan
laporan hasil promosi produk hasil usaha kerajinan yang berdasarkan pada
kebutuhan dan keinginan lingkungan sekitar/pasar lokal
|
||
3.5
Menganalisis sistem konsinyasi untuk
kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan lingkungan
sekitar/pasar lokal
|
· Memahami
konsep konsinyasi untuk kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan
keinginan lingkungan sekitar/pasar lokal
· Memahami
cara dan proses konsinyasi untuk kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan
dan keinginan lingkungan sekitar/pasar lokal
|
· System konsinyasi
· Cara
dan proses konsinyasi
|
·
Mengamati komponen system konsinyasi dengan menggunakan berbagai sumber belajar
yang relevan
·
Membuat
pertanyaan untuk mendapatkan informasi tentang system konsinyasi
·
Mengumpulkan
data/informasi tentang komponen system konsinyasi
·
Berlatih
mengevaluasi hasil usaha yang telah dilakukan
·
Menganalisis
dan menyimpulkan informasi/data serta
menghubungkan teori dan praktik evaluasisistem konsinyasi yang dilakukan
·
Menyajikan
hasil analisis dan simpulan tentang
system konsinyasi dalam berbagai bentuk media (lisan/tulisan
|
4.5
Memasarkan kerajinan yang berdasarkan
pada kebutuhan dan keinginan lingkungan sekitar/pasar lokal dengan sistem
konsinyasi
|
· Memasarkan
kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan lingkungan
sekitar/pasar lokal dengan sistem konsinyasi
|
||
3.6
Memahami perencanaan usaha kerajinan
berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan pasar global yang meliputi ide dan
peluang usaha, sumber daya, administrasi, dan pemasaran
|
· Memahami
ide dan peluang usaha kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan
pasar global
· Memahami
analisa peluang usaha kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan
pasar global
· Memahami
sumber daya yang di butuhkan untuk usaha kerajinan yang berdasarkan pada
kebutuhan dan keinginan pasar global
· Memahami
administrasi dan pemasaran usaha kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan
dan keinginan pasar global
· Memahami
komponen perencanaan usaha kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan
keinginan pasar global
· Memahami
langkah-langkah penyusunan proposal usaha kerajinan yang berdasarkan pada
kebutuhan dan keinginan pasar global
|
· Ide
dan peluang usaha
· Analisa
peluang usaha
· Sumber
daya yang di butuhkan
· Administrasi
dan pemasaran
· Komponen
perencanaan usaha
· Langkah-langkah
penyusunan perencanaan/proposal usaha
|
·
Membaca
dan mencermati model perencanaan/proposal usaha kerajinan
·
Membuat
pertanyaan terhadap apa yang belum
diketahui
·
Mengumpulkan
data/informasi tentang ide dan peluang usaha, analisa peluang usaha, sumber
daya yang di butuhkan serta administrasi dan pemasaran
·
Membuat perencanaan/proposal usaha kerajinan
·
Mengolah informasi dan data yang diperoleh, membuat
hubungan antara pengetahuan dan praktik dalam bentuk perencanaan usaha dan
menyimpulkan
·
Menyajkan
hasil analisis dan simpulan tentang perencanaan usaha yang dibuat dalam
bentuk lisan dan tulisan
|
4.6
Menyusun perencanaan usaha kerajinan
berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan pasar global yang meliputi ide dan
peluang usaha, sumber daya, administrasi, dan pemasaran
|
· Menyusun
perencanaan usaha kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan
pasar global meliputi ide dan peluang usaha, sumber daya, administrasi, dan
pemasaran
|
||
3.7
Menganalisis sistem produksi
kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan pasar global dengan
daya dukung yang dimiliki oleh daerah setempat
|
· Memahami
jenis dan karakteristik bahan dan alat kerajinan yang berdasarkan pada
kebutuhan dan keinginan pasar global
· Menganalisis
macam-macam kerajinan berdasarkan
inspirasi budaya lokal yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan pasar
global
· Menganalisis
teknik produksi kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan pasar
global
· Menganalisis
tahapan proses produksi kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan
keinginan pasar global
· Menganalisis
jenis dan kegunaan bahan kemas produk kerajinan yang berdasarkan pada
kebutuhan dan keinginan pasar global
· Menganalisis
teknik penyajian dan pengemasan produk kerajinan yang berdasarkan pada
kebutuhan dan keinginan pasar global
|
· Jenis
dan karakteristik bahan dan alat kerajinan
· Macam-macam kerajinan berdasarkan kebutuhan dan
keinginan pasar global
· Teknik
produksi kerajinan
· Tahapan
proses produksi kerajinan
· Jenis
dan kegunaan bahan kemas
· Teknik
penyajian dan pengemasan
|
·
Mengamati
berbagai produk kerajinan di industri sekitar sekolah, toko kerajinan,
internet, video dan atau membaca literatur/buku teks
·
Mengumpulkan
data/informasi untuk memperoleh jawaban dari berbagai pertanyaan yang
dikembangkan
·
Latihan
membuat kerajinan
·
Mengolah
atau menganalisis informasi yang telah dikumpulkan dari
kegiatan mengamati dan
eksperimen produksi kerajinan serta membuat hubungan keduanya dan
menyimpulkan
·
Menyajkan
hasil analisis dan simpulan dalam berbagai bentuk media (lisan dan tulisan)
|
4.7
Memproduksi kerajinan yang
berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan pasar global berdasarkan daya dukung
yang dimiliki oleh daerah setempat
|
· Memproduksi
kerajinan berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan pasar global berdasarkan
daya dukung yang dimiliki oleh daerah setempat
|
||
3.8
Mengevaluasi kegiatan usaha kerajinan
yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan pasar global
|
· Memahami
komponen evaluasi hasil usaha kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan
keinginan pasar global
· Menjelaskan
permasalahan usaha kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan
pasar global dan solusinya
· Memahami
langkah pengembangan usaha kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan
keinginan pasar global
|
· Komponen
evaluasi hasil usaha kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan
pasar global
· Permasalahan
usaha kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan pasar global
dan solusinya
· Pengembangan
usaha kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan pasar global.
|
· Mengamati komponen evaluasi hasil usaha dengan
menggunakan berbagai sumber belajar yang relevan
· Membuat
pertanyaan untuk mendapatkan informasi tentang evaluasi hasil usaha
· Mengumpulkan
data/informasi tentang komponen evaluasi hasil usaha
· Berlatih
mengevaluasi hasil usaha yang telah dilakukan
· Menganalisis
dan menyimpulkan informasi/data serta
menghubungkan teori dan praktik evaluasi yang dilakukan
· Menyajikan
hasil analisis dan simpulan tentang
laporan hasil evaluasi dalam berbagai bentuk media (lisan/tulisan)
|
4.8
Menyusun rencana pengembangan usaha
kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan pasar global
|
· Mengevaluasi
hasil usaha yang telah dilakukan
· Menganalisis
dan menyimpulkan informasi/data serta
menghubungkan teori dan praktik evaluasi yang dilakukan
· Menyajikan
hasil analisis dan simpulan tentang
laporan hasil evaluasi dalam berbagai bentuk media (lisan/tulisan).
|
||
3.9
Menganalisis media promosi untuk
produk hasil usaha kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan
pasar global
|
· Menganalisis
fungsi dan tujuan promosi
· Menganalisis
bentuk-bentuk media promosi produk
hasil usaha kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan pasar
global
· Memahami
pemilihan media promosi yang tepat
· Menganalisis
prosedur pembuatan media promosi produk hasil usaha kerajinan yang
berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan pasar global
|
· Macam-
macam media promosi
· Fungsi
media promosi
· Cara
membuat media promosi
|
·
Mengamati
kegiatan media promosi produk kerajinan dengan cara
observasi ke pasar/super
market/ sentra penjualan di sekitar sekolah atau membaca/menyimak dari berbagai literatur atau nara sumber lain
·
Membuat
pertanyaan dan berdiskusi untuk
mendapatkan informasi tentang media promosi
·
Mengumpulkan
data/informasi untuk menjawab pertanyaan dan memperkuat pemahaman tentang
media promosi
·
Latihan memasarkan produk kerajinan melalui berbagai media promosi
·
Menganalisis
dan menyimpulkan informasi/data serta menghubungkannya
·
Menyajikan
hasil analisis dan simpulan tentang
media promosi dalam berbagai bentuk
media (lisan/tulisan)
|
4.9
Merancang media promosi untuk produk
hasil usaha kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan pasar
global
|
· Melakukan
promosi produk hasil usaha kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan
keinginan pasar global
· Menyajikan
laporan hasil promosi produk hasil usaha kerajinan yang berdasarkan pada
kebutuhan dan keinginan pasar global
|
||
3.10
Menganalisis sistem konsinyasi
kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan pasar global
|
· Memahami
konsep konsinyasi untuk kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan
keinginan pasar global
· Memahami
cara dan proses konsinyasi untuk kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan
dan keinginan pasar global
|
· System konsinyasi
· Cara dan proses konsinyasi
|
·
Mengamati komponen system konsinyasi dengan menggunakan berbagai sumber belajar
yang relevan
·
Membuat
pertanyaan untuk mendapatkan informasi tentang system konsinyasi
·
Mengumpulkan
data/informasi tentang komponen system konsinyasi
·
Berlatih
mengevaluasi hasil usaha yang telah dilakukan
·
Menganalisis
dan menyimpulkan informasi/data serta
menghubungkan teori dan praktik evaluasisistem konsinyasi yang dilakukan
·
Menyajikan
hasil analisis dan simpulan tentang
system konsinyasi dalam berbagai bentuk media (lisan/tulisan
|
4.10
Memasarkan kerajinan yang
berdasar pada kebutuhan dan keinginan pasar global dengan sistem konsinyasi
|
· Memasarkan
kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan pasar global dengan
sistem konsinyasi
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar