SILABUS ( PEMINATAN )
Nama Sekolah : SMA AL – AZHAR 3
BANDAR LAMPUNG
Mata Pelajaran : EKONOMI
Kelas/Semester : X/1 DAN 2
KompetensiInti : a. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
b. Menunjukkan perilaku
jujur, disiplin,tanggungjawab, peduli (gotongroyong, kerjasama, toleran,
damai), santun, responsif dan proaktif, sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam
serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
c. Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya,
danhumanioradenganwawasankemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
d. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya
di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
|
3.1 mendeskripsikankonsepilmuekonomi
4.1 mengidentifikasikelangkaandanbiayapeluangdalammemenuhikebutuhan
|
Konsep Dasar Ilmu Ekonomi
· Pengertian ilmu ekonomi
· Masalah ekonomi (Kelangkaan dan kebutuhan yang relatif
tidak terbatas)
· Pilihan (kebutuhan dan keinginan) dan skala prioritas
· Kebutuhan dan
alat pemuas kebutuhan
· Biaya peluang (opportunity
cost)
· Prinsip ekonomi
· Motif ekonomi
· Pembagian ilmu ekonomi
· Ekonomi syariah (pengertian, tujuan, prinsip dan
karakteristik ekonomi syariah)
|
·
Mengamati dan membaca berbagai sumber belajar yang relevan
tentang konsep ilmu ekonomi
·
Mengajukan pertanyaan dan berdiskusi untuk mendapat klarifikasi
tentang konsep ilmu ekonomi
·
Melakukan identifikasi tentang kelangkaan dan biaya peluang serta
membuat pola hubungan antara kelangkaan dan biaya peluang serta menyimpulkan
tentang konsep ilmu ekonomi
·
Menyajikan hasil identifikasi
tentang kelangkaan dan biaya peluang sebagai bagian dari konsep ilmu
ekonomi berdasarkan data/informasi dari berbagai sumber belajar yang relevan
secara lisan dan tulisan
|
Sikap:
· Observasi
Pengetahuan:
· Penugasan
· Tes tertulis
Keterampilan:
· Proyek
· Produk
· Unjuk Kerja
|
12 X 45 menit
(4x pertemuan)
|
· Buku sumber Ekonomi untuk SMA dan
MA, Esis,KelasXKurikulum
2013, Alam
S.,
PenerbitErlangga,
2016
· Peta konsep
· OHP
· Foto-foto/gambar
· Buku-buku
penunjang
· Internet
· Kunjungankebeberapakeluarga
yang terdekatdengantempattinggal.
|
|
3.2. menganalisis
masalah ekonomi dalam sistem ekonomi
4.2 menyajikanhasilanalisismasalahekonomidalamsistemekonomi
|
MasalahPokokEkonomi
·
PermasalahanpokokekonomiKlasik
(produksi, distribusi, dankonsumsi) danekonomi modern (apa, bagaimana,
untuksiapa) barangdiproduksi
·
SistemEkonomi
− Pengertiansistemekonomi
− Macam-macamsistemekonomi
− Kekuatandankelemahanmasing-masingsistemekonomi
·
SistemPerekonomian
Indonesia
− Karakteristikperekonomian Indonesia menurut
UUD 1945 Pasal 33
− Nilai-nilaidasarperekonomian Indonesia
menurut UUD 1945 Pasal 33 (kerjasama, kekeluargaan, gotongroyong, keadilan)
|
·
Mencermati berbagai sumber belajar yang relevan (termasuk lingkungan
sekitar) tentang masalah ekonomi dan sistem ekonomi
·
Mengajukan pertanyaan dan berdiskusi untuk memperdalam dan mengklarifikasi
tentang masalah ekonomi dan sistem ekonomi
·
Mengumpulkan data dan informasi pendukung melalui observasi/pengamatan
dan atau wawancara kepada narasumber tentang masalah ekonomi dan sistem
ekonomi dari sumber yang relevan
·
Menganalisis informasi dan
data-data yang diperoleh tentang masalah ekonomi dan sistem ekonomi untuk
membuat pola hubungan antara masalah ekonomi dengan sistem ekonomi serta
mendapatkan kesimpulan
·
Menyajikan hasil analisis tentang masalah ekonomi dalam sistem ekonomi
secara lisan dan tulisan
|
Sikap:
· Observasi
Pengetahuan:
· Penugasan
· Tes tertulis
Keterampilan:
· Proyek
· Produk
· Unjuk Kerja
|
12
x 45 menit
(4x
pertemuan)
|
· BukusumberEkonomiuntuk
SMA dan MA, Esis, Kelas X Kurikulum 2013, Alam S., PenerbitErlangga, 2016
· Peta konsep
· OHP
· Foto-foto/gambar
· Buku-buku
penunjang
· Internet
|
|
3.3.
menganalisisperanpelakuekonomidalamkegiatanekonomi
4.3.
menyajikanhasilanalisisperanpelakuekonomidalamkegiatanekonomi
|
Kegiatan Ekonomi
·
Produksi (Pengertianproduksi,
faktor-faktorproduksi, teoriperilakuprodusen, konsepbiayaproduksi,
konseppenerimaan, danlabamaksimum)
·
Distribusi
(Pengertiandistribusi, faktor-faktor yang memengaruhidistribusi,
matarantaidistribusi)
·
Konsumsi (Pengertiankonsumsi,
tujuankonsumsi, faktor-faktor yang memengaruhikonsumsi,
teoriperilakukonsumen)
PelakuEkonomi
·
Pelaku-pelakuekonomi:
RumahTanggaKonsumsi (konsumen), RumahTanggaProduksi (produsen), Pemerintah,
danMasyarakatLuarNegeri
·
Peranpelakuekonomi
·
Model diagram interaksiantarpelakuekonomi (circular flow diagram)sederhana
(duasektor), tigasektor, danempatsektor
|
·
Mengamati peran pelaku ekonomi dalam kegiatan produksi,
distribusi dan konsumsi dari berbagai sumber belajar yang relevan (termasuk
lingkungan sekitar)
·
Mengajukan pertanyaan dan berdiskusi tentang peran
pelaku ekonomi dalam kegiatan produksi, distribusi dan konsumsi
·
Menganalisis
informasi dan data-data yang diperoleh tentang peran pelaku ekonomi
dalam kegiatan produksi, distribusi dan konsumsi
·
Menyajikan hasil analisis peran pelaku ekonomi dalam
bentuk diagram interaksi antarpelaku ekonomi (circular flow diagram)
sederhana (dua sektor), tiga sektor, dan empat sektor secara lisan dan
tulisan
|
Sikap:
· Observasi
Pengetahuan:
· Penugasan
· Tes tertulis
Keterampilan:
· Proyek
· Produk
· Unjuk Kerja
|
15 X 45 menit
(5x pertemuan)
|
· BukusumberEkonomiuntuk
SMA dan MA, Esis, Kelas X Kurikulum 2013, Alam S., PenerbitErlangga, 2016
· Peta konsep
· OHP
· Foto-foto/gambar
· Buku-buku
penunjang
· Internet
|
|
3.4.
mendeskripsikan terbentuknya keseimbangan pasar dan
struktur pasar
4.4.
menyajikan hasil pengamatan tentang perubahan harga dan
kuantitas keseimbangan di pasar
|
Permintaan dan Penawaran
· Pengertian
permintaan dan penawaran
· Faktor-faktor
yang memengaruhi permintaan dan
penawaran
· Fungsi
permintaan dan penawaran
· Hukum
permintaan dan penawaran serta asumsi-asumsinya
· Kurva
permintaan dan kurva penawaran
· Pergerakan
di sepanjang kurva dan pergeseran kurva (permintaan dan penawaran)
· Proses
terbentuknya keseimbangan pasar
· Elastisitas
permintaan dan penawaran
Peran pasar dalam
perekonomian
· Pengertian
pasar
· Peran
pasar dalam perekonomian
· Macam-macam
pasar
· Struktur
pasar/ bentuk pasar
· Peran
Iptek terhadap perubahan jenis dan struktur pasar
|
·
Mengamati dan membaca referensi dari berbagai sumber
belajar yang relevan tentang terbentuknya keseimbangan pasar (permintaan,
penawaran dan harga keseimbangan) dan struktur pasar
·
Melakukan observasi/pengamatan dan wawancara kepada
narasumber untuk memperdalam dan
mendapatkan klarifikasi tentang terbentuknya keseimbangan pasar dan
struktur pasar
·
Mengolah dan menyimpulkan berdasarkan data hasil
pengamatan/wawancara tentang terbentuknya keseimbangan pasar dan struktur
pasar
·
Menyajikan hasil pengamatan tentang perubahan harga dan
kuantitas keseimbangan di pasar secara
lisan dan tulisan
|
Sikap:
·
Observasi
Pengetahuan:
· Penugasan
· Tes
tertulis
Keterampilan:
· Proyek
· Produk
· Unjuk
Kerja
|
15 X 45 menit
(5x
pertemuan)
|
·
Buku sumber Ekonomi untuk SMA dan MA, Esis,
Kelas X Kurikulum 2013, Alam S., Penerbit Erlangga, 2016
·
Peta konsep
·
OHP
·
Foto-foto/gambar
·
Buku-buku penunjang
·
Internet
|
Nama
Sekolah : SMA AL-AZHAR 3
BANDAR LAMPUNG
Mata
Pelajaran : EKONOMI
Kelas/Semester : X/2
KompetensiInti : a. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
b. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotongroyong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif,
sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia
c. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidangkajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
d. Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan
dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampumenggunakan metode sesuai
kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
3.5.
mendeskripsikanlembagajasakeuangandalamperekonomian
Indonesia
4.5.
menyajikantugas,
produk, danperanlembagajasakeuangandalamperekonomian Indonesia.
|
Otoritas Jasa Keuangan
· Pengertian
· Tujuan,
peran/fungsi, tugas, dan wewenang Otoritas Jasa Keuangan
Lembaga Jasa Keuangan
Perbankan
· Pengertian
bank
· Fungsi
bank
· Jenis bank
· Prinsip
kegiatan usaha bank(konvensional dan syariah)
· Produk
bank
· Lembaga
Penjamin Simpanan (LPS)
Pasar Modal
·
Pengertian pasar modal
·
Fungsi pasar modal
·
Peran pasar modal
·
Lembaga penunjang pasar modal
·
Instrumen/ produk pasar modal
·
Mekanisme transaksi di pasar modal
·
Investasi di pasar modal
Perasuransian
·
Pengertian asuransi
·
Fungsi asuransi
·
Peran asuransi
·
Jenis asuransi
·
Prinsip kegiatan usaha asuransi
·
Produk asuransi
Dana Pensiun
·
Pengertian dana pensiun
·
Fungsi dana pensiun
·
Peran dana pensiun
·
Jenis dana pensiun
·
Prinsip kegiatan usaha dana pensiun
·
Produk dana
pensiun
Lembaga Pembiayaan
·
Pengertian lembaga pembiayaan
·
Fungsi lembaga pembiayaan
·
Peran lembaga pembiayaan
·
Jenis lembaga pembiayaan
·
Prinsip kegiatan usaha lembaga pembiayaan
·
Produk lembaga
pembiayaan
Pergadaian
·
Pengertian pergadaian
·
Fungsi pergadaian
·
Peran pergadaian
·
Jenis pergadaian
·
Prinsip kegiatan usaha pergadaian
·
Produk
pergadaian
|
· Membaca
referensi dari berbagai sumber belajar yang relevan tentang lembaga jasa
keuangan dalam perekonomian Indonesia
· Mengajukan
pertanyaan dan berdiskusi untuk
memperdalam dan mendapatkan klarifikasi tentang lembaga jasa keuangan dalam
perekonomian Indonesia
· Mengumpulkan
data dan informasi pendukung dari sumber utama melalui observasi dan atau
wawancara tentang Otoritas Jasa Keuangan, perbankan, pasar modal dan
Industri Keuangan Non Bank (IKNB)
· Membuat
pola hubungan antara Otoritas Jasa Keuangan dan lembaga jasa keuangan serta
menyimpulkan tentang lembaga jasa keuangan dalam perekonomian Indonesia
· Menyajikan
tugas, produk, dan peran lembaga jasa keuangan dalam perekonomian Indonesia
secara lisan dan tulisan
|
Sikap:
·
Observasi
Pengetahuan:
· Penugasan
· Tes
tertulis
Keterampilan:
· Proyek
· Produk
· Unjuk Kerja
|
9 X 45 menit
(3x pertemuan)
|
·
Buku sumber Ekonomi untuk SMA dan MA, Esis,
Kelas X Kurikulum 2013, Alam S., Penerbit Erlangga, 2016
·
Peta konsep
·
OHP
·
Foto-foto/gambar
·
Buku-buku penunjang
·
Internet
|
3.6. mendeskripsikan bank
sentral, sistempembayarandanalatpembayarandalamperekonomian Indonesia
4.6. menyajikanperan bank
sentral, sistempembayarandanalatpembayarandalamperekonomian Indonesia
|
Bank Sentral
·
Pengertian bank
sentral
·
Tujuan, fungsi, tugas
dan wewenang Bank Sentral Republik Indonesia
Sistem Pembayaran
· Pengertian sistem pembayaran
· Peran Bank Sentral Republik Indonesia dalam sistem
pembayaran
· Penyelenggaraan sistem pembayaran nontunai oleh Bank
Sentral Republik Indonesia
Alat Pembayaran Tunai (Uang)
· Sejarah uang
· Pengertian uang
· Fungsi, jenis, dan syarat uang
· Pengelolaan uang rupiah oleh Bank Sentral Republik
Indonesia
· Unsur pengaman uang rupiah
· Pengelolaan keuangan
Alat Pembayaran Nontunai
· Pengertian alat pembayaran nontunai
· Jenis-jenis alat pembayaran nontunai
|
· Membaca
referensi dari berbagai sumber belajar yang relevan tentang bank sentral,
sistem pembayaran dan alat pembayaran
· Berdiskusi
untuk memperdalam dan mendapatkan
klarifikasi tentang bank sentral, sistem pembayaran dan alat pembayaran
· Menemukan
contoh-contoh alat pembayaran tunai dan notunai serta fungsinya dalam
perekonomian Indonesia
· Menyimpulkan hubungan antara bank sentral, sistem
pembayaran dan alat pembayaran
· Menyajikan
peran bank sentral, sistem pembayaran dan alat pembayaran dalam perekonomian
Indonesia secara lisan dan tulisan
|
Sikap:
· Observasi
Pengetahuan:
· Penugasan
· Tes tertulis
Keterampilan:
· Proyek
· Produk
· Unjuk Kerja
|
12 X 45 menit
(4x pertemuan)
|
·
Buku sumber Ekonomi untuk SMA dan MA, Esis,
Kelas X Kurikulum 2013, Alam S., Penerbit Erlangga, 2016
·
Peta konsep
·
OHP
·
Foto-foto/gambar
·
Buku-buku penunjang
·
Internet
·
Kunjungankesalahsatu Bank Nasional yang ada di
daerahmasing-masing, seperti BRI.
|
3.7.
mendeskripsikan konsep
badan usaha dalam perekonomian Indonesia
4.7.
menyajikan peran,
fungsi, dan kegiatan badan usaha dalam
perekonomian Indonesia
3.8.
|
Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Badan Usaha Milik
Daerah (BUMD)
· Pengertian BUMN dan BUMD
·
Peran BUMN dan BUMD
dalam perekonomian
·
Bentuk-bentuk BUMN dan
BUMD
·
Jenis-jenis Kegiatan
Usaha BUMD
· Kebaikan dan kelemahan BUMN dan BUMD
Badan Usaha Milik
Swasta (BUMS)
· Pengertian BUMS
·
Perbedaan perusahaan
swasta dan BUMS
·
Peran BUMS dalam
perekonomian
·
Bentuk-bentuk BUMS
·
Kekuatan dan kelemahan
BUMS
·
Jenis-jenis kegiatan
usaha BUMS
·
Tahapan mendirikan
usaha dalam BUMS
·
Studi Kelayakan Usaha
(business plans)
|
· Membaca referensi dari berbagai sumber belajar yang
relevan tentang konsep badan usaha dalam perekonomian Indonesia
· Berdiskusi dan tanya jawab untuk memperdalam dan
mengklarifikasi tentang konsep badan usaha dalam perekonomian Indonesia
· Menyimpulkan dan membuat pola hubungan antara BUMN,
BUMD dan BUMS berdasarkan informasi
yang diperoleh
· Secara berkelompok membuat dan melaporkan rancangan
Studi Kelayakan Usaha (business plans) sederhana
· Menyajikan secara lisan dan tulisan tentang peran,
fungsi, dan kegiatan badan usaha
|
Sikap:
· Observasi
Pengetahuan:
· Penugasan
· Tes tertulis
Keterampilan:
· Proyek
· Produk
· Unjuk Kerja
|
9
x 45 menit
(3x
pertemuan)
|
·
Buku sumber Ekonomi untuk SMA dan MA, Esis,
Kelas X Kurikulum 2013, Alam S., Penerbit Erlangga, 2016
·
Peta konsep
·
OHP
·
Foto-foto/gambar
·
Buku-buku penunjang
·
Internet
|
3.8.
mendeskripsikan
perkoperasian dalam perekonomian Indonesia
4.8.
mengimplementasikan
pengelolaan koperasi di sekolah
|
Perkoperasian
·
Sejarah perkembangan koperasi
·
Pengertian koperasi
·
Landasan dan asas
koperasi
·
Tujuan koperasi
·
Ciri-ciri koperasi
·
Prinsip-prinsip koperasi
·
Fungsi dan peran koperasi
· Jenis-jenis koperasi
Pengelolaan Koperasi
· Perangkat organisasi koperasi
·
Sumber permodalan
koperasi
·
Sisa Hasil Usaha (SHU)
koperasi
·
Prosedur pendirian
koperasi
·
Tahapan pendirian/
pengembangan koperasi di sekolah
·
Simulasi pendirian
koperasi di sekolah
|
· Membaca referensi dari berbagai sumber belajar yang
relevan tentang perkoperasian dalam perekonomian Indonesia
· Berdiskusi dan
tanya jawab untuk memperdalam dan mendapat klarifikasi tentang perkoperasian
dan melakukan wawancara kepada narasumber tentang pengelolaan koperasi
· Membuat pola hubungan
dan menyimpulkan perkoperasian dan pengelolaan koperasi berdasarkan
data/informasi yang diperoleh
· Menyimulasikan pengelolaan koperasi di sekolah
· Menyampaikan
laporan tertulis tentang implementasi pengelolaan koperasi di sekolah
|
Sikap:
· Observasi
Pengetahuan:
· Penugasan
· Tes tertulis
Keterampilan:
· Proyek
· Produk
· Unjuk Kerja
|
9
x 45 menit
(3x pertemuan)
|
·
Buku sumber Ekonomi untuk SMA dan MA, Esis,
Kelas X Kurikulum 2013, Alam S., Penerbit Erlangga, 2016
·
Peta konsep
·
OHP
·
Foto-foto/gambar
·
Buku-buku penunjang
·
Internet
|
3..9.mendeskripsikan konsep
manajemen
4.9.mengimplementasikan fungsi manajemen dalam kegiatan
sekolah
|
Manajemen
·
Pengertian manajemen
·
Unsur-unsur manajemen
·
Fungsi-fungsi manajemen
·
Bidang-bidang
manajemen
· Penerapan fungsi manajemen dalam kegiatan di sekolah
|
· Membaca referensi
yang relevan tentang konsep manajemen
· Mengajukan pertanyaan dan berdiskusi untuk memperdalam
dan mendapat klarifikasi tentang konsep manajemen
· Secara berkelompok merancang penerapan konsep manajemen
dalam kegiatan di sekolah
· Menyampaikan laporan tentang rancangan penerapan konsep
manajemen dalam kegiatan di sekolah secara lisan dan tulisan
|
Sikap:
· Observasi
Pengetahuan:
· Penugasan
· Tes tertulis
Keterampilan:
· Proyek
· Produk
· Unjuk Kerja
|
9
x 45 menit
(3x
pertemuan)
|
·
Buku sumber Ekonomi untuk SMA dan MA, Esis,
Kelas X Kurikulum 2013, Alam S., Penerbit Erlangga, 2016
·
Peta konsep
·
OHP
·
Foto-foto/gambar
·
Buku-buku penunjang
·
Internet
|
Mengetahui, Bandar
Lampung, Juli 2019
Kepala SMA AL-AZHAR 3 Bandar Lampung Guru Mata Pelajaran
Drs. Hi. Ma’arifuddin Mz., M.Pd. ARIF
WAMBUDI, S.Pd.,
NIP.19680317 200003 1 006
Tidak ada komentar:
Posting Komentar