Rabu, 29 Mei 2019

SILABUS EKONOMI LINTAS MINAT KLS X


SILABUS  ( PEMINATAN )

                               
Nama Sekolah             : SMA  AL – AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG                                                                                  
Mata Pelajaran : EKONOMI
Kelas/Semester            : X/1 DAN  2
KompetensiInti :   a.  Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
b. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,tanggungjawab, peduli (gotongroyong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif, sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
c. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, danhumanioradenganwawasankemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
    d. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan








Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran

Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
3.1  mendeskripsikankonsepilmuekonomi

4.1  mengidentifikasikelangkaandanbiayapeluangdalammemenuhikebutuhan
     


















Konsep Dasar Ilmu Ekonomi
·     Pengertian ilmu ekonomi
·     Masalah ekonomi (Kelangkaan dan kebutuhan yang relatif tidak terbatas)
·     Pilihan (kebutuhan dan keinginan) dan skala prioritas
·     Kebutuhan  dan alat pemuas kebutuhan
·     Biaya peluang (opportunity cost)
·     Prinsip ekonomi
·     Motif ekonomi
·     Pembagian ilmu ekonomi
·     Ekonomi syariah (pengertian, tujuan, prinsip dan karakteristik ekonomi syariah)

·   Mengamati dan membaca berbagai sumber belajar yang relevan tentang  konsep ilmu ekonomi

·   Mengajukan pertanyaan dan berdiskusi untuk mendapat klarifikasi tentang konsep ilmu ekonomi

·   Melakukan identifikasi tentang kelangkaan dan biaya peluang serta membuat pola hubungan antara kelangkaan dan biaya peluang serta menyimpulkan tentang konsep ilmu ekonomi

·   Menyajikan hasil identifikasi  tentang kelangkaan dan biaya peluang sebagai bagian dari konsep ilmu ekonomi berdasarkan data/informasi dari berbagai sumber belajar yang relevan secara lisan dan tulisan

Sikap:
·  Observasi

Pengetahuan:
·   Penugasan
·   Tes tertulis

Keterampilan:
·  Proyek
·  Produk
·  Unjuk Kerja
12  X 45 menit
(4x pertemuan)
·   Buku sumber Ekonomi untuk SMA dan MA, Esis,KelasXKurikulum 2013, Alam S., PenerbitErlangga, 2016
·   Peta konsep
·   OHP
·   Foto-foto/gambar
·   Buku-buku penunjang
·   Internet
·   Kunjungankebeberapakeluarga yang terdekatdengantempattinggal.

3.2. menganalisis masalah ekonomi dalam sistem ekonomi

4.2 menyajikanhasilanalisismasalahekonomidalamsistemekonomi






























MasalahPokokEkonomi
·   PermasalahanpokokekonomiKlasik (produksi, distribusi, dankonsumsi) danekonomi modern (apa, bagaimana, untuksiapa) barangdiproduksi

·   SistemEkonomi
  Pengertiansistemekonomi
  Macam-macamsistemekonomi
  Kekuatandankelemahanmasing-masingsistemekonomi

·   SistemPerekonomian Indonesia
  Karakteristikperekonomian Indonesia menurut UUD 1945 Pasal 33
  Nilai-nilaidasarperekonomian Indonesia menurut UUD 1945 Pasal 33 (kerjasama, kekeluargaan, gotongroyong, keadilan)

·   Mencermati berbagai sumber belajar yang relevan (termasuk lingkungan sekitar) tentang masalah ekonomi dan sistem ekonomi

·   Mengajukan pertanyaan dan berdiskusi untuk memperdalam dan mengklarifikasi tentang masalah ekonomi dan sistem ekonomi

·   Mengumpulkan data dan informasi pendukung melalui observasi/pengamatan dan atau wawancara kepada narasumber tentang masalah ekonomi dan sistem ekonomi dari sumber yang relevan

·   Menganalisis  informasi dan data-data yang diperoleh tentang masalah ekonomi dan sistem ekonomi untuk membuat pola hubungan antara masalah ekonomi dengan sistem ekonomi serta mendapatkan  kesimpulan

·   Menyajikan hasil analisis tentang masalah ekonomi dalam sistem ekonomi secara lisan dan tulisan

Sikap:
·  Observasi

Pengetahuan:
·   Penugasan
·   Tes tertulis

Keterampilan:
·  Proyek
·  Produk
·  Unjuk Kerja
12 x 45 menit
(4x pertemuan)
·   BukusumberEkonomiuntuk SMA dan MA, Esis, Kelas X Kurikulum 2013, Alam S., PenerbitErlangga, 2016
·   Peta konsep
·   OHP
·   Foto-foto/gambar
·   Buku-buku penunjang
·   Internet

3.3.    menganalisisperanpelakuekonomidalamkegiatanekonomi

4.3.            menyajikanhasilanalisisperanpelakuekonomidalamkegiatanekonomi


Kegiatan Ekonomi

·      Produksi (Pengertianproduksi, faktor-faktorproduksi, teoriperilakuprodusen, konsepbiayaproduksi, konseppenerimaan, danlabamaksimum)
·      Distribusi (Pengertiandistribusi, faktor-faktor yang memengaruhidistribusi, matarantaidistribusi)
·      Konsumsi (Pengertiankonsumsi, tujuankonsumsi, faktor-faktor yang memengaruhikonsumsi, teoriperilakukonsumen)

PelakuEkonomi
·      Pelaku-pelakuekonomi: RumahTanggaKonsumsi (konsumen), RumahTanggaProduksi (produsen), Pemerintah, danMasyarakatLuarNegeri
·      Peranpelakuekonomi
·      Model diagram interaksiantarpelakuekonomi (circular flow diagram)sederhana (duasektor), tigasektor, danempatsektor
·   Mengamati peran pelaku ekonomi dalam kegiatan produksi, distribusi dan konsumsi dari berbagai sumber belajar yang relevan (termasuk lingkungan sekitar)

·   Mengajukan pertanyaan dan berdiskusi tentang peran pelaku ekonomi dalam kegiatan produksi, distribusi dan konsumsi

·   Menganalisis  informasi dan data-data yang diperoleh tentang peran pelaku ekonomi dalam kegiatan produksi, distribusi dan konsumsi

·   Menyajikan hasil analisis peran pelaku ekonomi dalam bentuk diagram interaksi antarpelaku ekonomi (circular flow diagram)  sederhana (dua sektor), tiga sektor, dan empat sektor secara lisan dan tulisan


Sikap:
·  Observasi

Pengetahuan:
·   Penugasan
·   Tes tertulis

Keterampilan:
·  Proyek
·  Produk
·  Unjuk Kerja
15  X 45 menit
(5x pertemuan)
·   BukusumberEkonomiuntuk SMA dan MA, Esis, Kelas X Kurikulum 2013, Alam S., PenerbitErlangga, 2016
·   Peta konsep
·   OHP
·   Foto-foto/gambar
·   Buku-buku penunjang
·   Internet

3.4.   mendeskripsikan terbentuknya keseimbangan pasar dan struktur pasar

4.4.   menyajikan hasil pengamatan tentang perubahan harga dan kuantitas keseimbangan  di pasar
Permintaan dan Penawaran
·      Pengertian permintaan dan penawaran
·      Faktor-faktor yang memengaruhi  permintaan dan penawaran
·      Fungsi permintaan dan penawaran
·      Hukum permintaan dan penawaran serta asumsi-asumsinya
·      Kurva permintaan dan kurva penawaran
·      Pergerakan di sepanjang kurva dan pergeseran kurva (permintaan dan penawaran)
·      Proses terbentuknya keseimbangan pasar
·      Elastisitas permintaan dan penawaran
Peran pasar dalam perekonomian
·      Pengertian pasar
·      Peran pasar dalam perekonomian
·      Macam-macam pasar
·      Struktur pasar/ bentuk pasar
·      Peran Iptek terhadap perubahan jenis dan struktur pasar
·      Mengamati dan membaca referensi dari berbagai sumber belajar yang relevan tentang terbentuknya keseimbangan pasar (permintaan, penawaran dan harga keseimbangan) dan struktur pasar

·      Melakukan observasi/pengamatan dan wawancara kepada narasumber untuk memperdalam dan  mendapatkan klarifikasi tentang terbentuknya keseimbangan pasar dan struktur pasar

·      Mengolah dan menyimpulkan berdasarkan data hasil pengamatan/wawancara tentang terbentuknya keseimbangan pasar dan struktur pasar

·      Menyajikan hasil pengamatan tentang perubahan harga dan kuantitas keseimbangan  di pasar secara lisan dan tulisan

Sikap:
·      Observasi
Pengetahuan:
·      Penugasan
·      Tes tertulis
Keterampilan:
·      Proyek
·      Produk
·      Unjuk Kerja

15  X 45 menit
(5x pertemuan)
·      Buku sumber Ekonomi untuk SMA dan MA, Esis, Kelas X Kurikulum 2013, Alam S., Penerbit Erlangga, 2016
·      Peta konsep
·      OHP
·      Foto-foto/gambar
·      Buku-buku penunjang
·      Internet



Nama Sekolah             : SMA AL-AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG                                                             
Mata Pelajaran : EKONOMI
Kelas/Semester            : X/2
KompetensiInti :   a. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
b. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotongroyong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif, sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
c. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidangkajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
    d. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampumenggunakan metode sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
3.5.   mendeskripsikanlembagajasakeuangandalamperekonomian Indonesia

4.5.   menyajikantugas, produk, danperanlembagajasakeuangandalamperekonomian Indonesia.

Otoritas Jasa Keuangan
·      Pengertian
·      Tujuan, peran/fungsi, tugas, dan wewenang Otoritas Jasa Keuangan
Lembaga Jasa Keuangan
Perbankan
·      Pengertian bank
·      Fungsi bank
·      Jenis bank
·      Prinsip kegiatan usaha bank(konvensional dan syariah)
·      Produk bank
·      Lembaga Penjamin Simpanan (LPS)
Pasar Modal
·         Pengertian pasar modal
·         Fungsi pasar modal
·         Peran pasar modal
·         Lembaga penunjang pasar modal
·         Instrumen/ produk pasar modal
·         Mekanisme transaksi di pasar modal
·         Investasi di pasar modal
Perasuransian
·         Pengertian asuransi
·         Fungsi asuransi
·         Peran asuransi
·         Jenis asuransi
·         Prinsip kegiatan usaha asuransi
·         Produk  asuransi
Dana Pensiun
·         Pengertian dana pensiun
·         Fungsi dana pensiun
·         Peran dana pensiun
·         Jenis dana pensiun
·         Prinsip kegiatan usaha dana pensiun
·         Produk  dana pensiun
Lembaga Pembiayaan
·         Pengertian lembaga pembiayaan
·         Fungsi lembaga pembiayaan
·         Peran lembaga pembiayaan
·         Jenis lembaga pembiayaan
·         Prinsip kegiatan usaha lembaga pembiayaan
·         Produk  lembaga pembiayaan
Pergadaian
·         Pengertian pergadaian
·         Fungsi pergadaian
·         Peran pergadaian
·         Jenis pergadaian
·         Prinsip kegiatan usaha pergadaian
·         Produk  pergadaian
·   Membaca referensi dari berbagai sumber belajar yang relevan tentang lembaga jasa keuangan dalam perekonomian Indonesia

·   Mengajukan pertanyaan dan berdiskusi  untuk memperdalam dan mendapatkan klarifikasi tentang lembaga jasa keuangan dalam perekonomian Indonesia

·   Mengumpulkan data dan informasi pendukung dari sumber utama melalui observasi dan atau wawancara tentang Otoritas Jasa Keuangan, perbankan, pasar modal dan Industri  Keuangan Non Bank (IKNB)

·   Membuat pola hubungan antara Otoritas Jasa Keuangan dan lembaga jasa keuangan serta menyimpulkan tentang lembaga jasa keuangan dalam perekonomian Indonesia

·   Menyajikan tugas, produk, dan peran lembaga jasa keuangan dalam perekonomian Indonesia secara lisan dan tulisan



Sikap:
·      Observasi
Pengetahuan:
·      Penugasan
·      Tes tertulis
Keterampilan:
·      Proyek
·      Produk
·      Unjuk Kerja

9  X 45 menit
(3x pertemuan)
·      Buku sumber Ekonomi untuk SMA dan MA, Esis, Kelas X Kurikulum 2013, Alam S., Penerbit Erlangga, 2016
·      Peta konsep
·      OHP
·      Foto-foto/gambar
·      Buku-buku penunjang
·      Internet



3.6.   mendeskripsikan bank sentral, sistempembayarandanalatpembayarandalamperekonomian Indonesia

4.6.   menyajikanperan bank sentral, sistempembayarandanalatpembayarandalamperekonomian Indonesia

Bank Sentral
·   Pengertian bank sentral
·   Tujuan, fungsi, tugas dan wewenang Bank Sentral Republik Indonesia
Sistem Pembayaran
·   Pengertian sistem pembayaran
·   Peran Bank Sentral Republik Indonesia dalam sistem pembayaran
·   Penyelenggaraan sistem pembayaran nontunai oleh Bank Sentral Republik Indonesia
Alat Pembayaran Tunai (Uang)
·      Sejarah uang
·      Pengertian uang
·      Fungsi, jenis, dan syarat uang
·      Pengelolaan uang rupiah oleh Bank Sentral Republik Indonesia
·      Unsur pengaman uang rupiah
·      Pengelolaan keuangan
Alat Pembayaran Nontunai
·      Pengertian alat pembayaran nontunai
·      Jenis-jenis alat pembayaran nontunai
·   Membaca referensi dari berbagai sumber belajar yang relevan tentang bank sentral, sistem pembayaran dan alat pembayaran
·   Berdiskusi untuk memperdalam dan  mendapatkan klarifikasi tentang bank sentral, sistem pembayaran dan alat pembayaran
·   Menemukan contoh-contoh alat pembayaran tunai dan notunai serta fungsinya dalam perekonomian Indonesia
·   Menyimpulkan hubungan antara bank sentral, sistem pembayaran dan alat pembayaran
·   Menyajikan peran bank sentral, sistem pembayaran dan alat pembayaran dalam perekonomian Indonesia secara lisan dan tulisan

Sikap:
·  Observasi

Pengetahuan:
·   Penugasan
·   Tes tertulis

Keterampilan:
·  Proyek
·  Produk
·  Unjuk Kerja
12  X 45 menit
(4x pertemuan)
·      Buku sumber Ekonomi untuk SMA dan MA, Esis, Kelas X Kurikulum 2013, Alam S., Penerbit Erlangga, 2016
·      Peta konsep
·      OHP
·      Foto-foto/gambar
·      Buku-buku penunjang
·      Internet
·      Kunjungankesalahsatu Bank Nasional yang ada di daerahmasing-masing, seperti BRI.



3.7.   mendeskripsikan konsep badan usaha dalam perekonomian Indonesia
4.7.   menyajikan peran, fungsi, dan kegiatan badan usaha  dalam perekonomian Indonesia

3.8.             

Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD)
·      Pengertian BUMN dan BUMD
·      Peran BUMN dan BUMD dalam perekonomian
·      Bentuk-bentuk BUMN dan BUMD
·      Jenis-jenis Kegiatan Usaha BUMD
·      Kebaikan dan kelemahan BUMN dan BUMD
Badan Usaha Milik  Swasta (BUMS)
·      Pengertian BUMS
·      Perbedaan perusahaan swasta dan BUMS
·      Peran BUMS dalam perekonomian
·      Bentuk-bentuk BUMS
·      Kekuatan dan kelemahan BUMS
·      Jenis-jenis kegiatan usaha BUMS
·      Tahapan mendirikan usaha dalam BUMS
·      Studi Kelayakan Usaha (business plans)
·    Membaca referensi dari berbagai sumber belajar yang relevan tentang konsep badan usaha dalam perekonomian Indonesia
·    Berdiskusi dan tanya jawab untuk memperdalam dan mengklarifikasi tentang konsep badan usaha dalam perekonomian Indonesia
·    Menyimpulkan dan membuat pola hubungan antara BUMN, BUMD dan BUMS  berdasarkan informasi yang diperoleh
·    Secara berkelompok membuat dan melaporkan rancangan Studi Kelayakan Usaha (business plans) sederhana
·    Menyajikan secara lisan dan tulisan tentang peran, fungsi, dan kegiatan badan usaha


Sikap:
·  Observasi

Pengetahuan:
·   Penugasan
·   Tes tertulis

Keterampilan:
·  Proyek
·  Produk
·  Unjuk Kerja
9 x 45 menit
(3x pertemuan)
·      Buku sumber Ekonomi untuk SMA dan MA, Esis, Kelas X Kurikulum 2013, Alam S., Penerbit Erlangga, 2016
·      Peta konsep
·      OHP
·      Foto-foto/gambar
·      Buku-buku penunjang
·      Internet



3.8.   mendeskripsikan perkoperasian dalam perekonomian Indonesia
4.8.   mengimplementasikan pengelolaan koperasi  di sekolah


Perkoperasian
·      Sejarah perkembangan koperasi
·      Pengertian koperasi
·      Landasan dan asas koperasi
·      Tujuan koperasi
·      Ciri-ciri koperasi
·      Prinsip-prinsip koperasi
·      Fungsi dan peran koperasi
·      Jenis-jenis koperasi
Pengelolaan Koperasi
·      Perangkat organisasi koperasi
·      Sumber permodalan koperasi
·      Sisa Hasil Usaha (SHU) koperasi
·      Prosedur pendirian koperasi
·      Tahapan pendirian/ pengembangan koperasi di sekolah
·      Simulasi pendirian koperasi di sekolah
·    Membaca referensi dari berbagai sumber belajar yang relevan tentang perkoperasian dalam perekonomian Indonesia
·    Berdiskusi  dan tanya jawab untuk memperdalam dan mendapat klarifikasi tentang perkoperasian dan melakukan wawancara kepada narasumber tentang pengelolaan koperasi
·    Membuat pola hubungan  dan menyimpulkan perkoperasian dan pengelolaan koperasi berdasarkan data/informasi yang diperoleh
·    Menyimulasikan pengelolaan koperasi di sekolah
·    Menyampaikan laporan tertulis tentang implementasi pengelolaan koperasi  di sekolah
Sikap:
·  Observasi

Pengetahuan:
·   Penugasan
·   Tes tertulis

Keterampilan:
·  Proyek
·  Produk
·  Unjuk Kerja
9 x 45 menit
(3x pertemuan)
·      Buku sumber Ekonomi untuk SMA dan MA, Esis, Kelas X Kurikulum 2013, Alam S., Penerbit Erlangga, 2016
·      Peta konsep
·      OHP
·      Foto-foto/gambar
·      Buku-buku penunjang
·      Internet



3..9.mendeskripsikan konsep manajemen
4.9.mengimplementasikan fungsi manajemen dalam kegiatan sekolah

Manajemen
·      Pengertian manajemen
·      Unsur-unsur manajemen
·      Fungsi-fungsi manajemen
·      Bidang-bidang manajemen
·      Penerapan fungsi manajemen dalam kegiatan  di sekolah


·    Membaca referensi  yang relevan tentang konsep manajemen
·    Mengajukan pertanyaan dan berdiskusi untuk memperdalam dan mendapat klarifikasi tentang konsep manajemen
·    Secara berkelompok merancang penerapan konsep manajemen dalam kegiatan di sekolah
·    Menyampaikan laporan tentang rancangan penerapan konsep manajemen dalam kegiatan di sekolah secara lisan dan tulisan
Sikap:
·  Observasi

Pengetahuan:
·   Penugasan
·   Tes tertulis

Keterampilan:
·  Proyek
·  Produk
·  Unjuk Kerja
9 x 45 menit
(3x pertemuan)
·      Buku sumber Ekonomi untuk SMA dan MA, Esis, Kelas X Kurikulum 2013, Alam S., Penerbit Erlangga, 2016
·      Peta konsep
·      OHP
·      Foto-foto/gambar
·      Buku-buku penunjang
·      Internet




                                                                                                                       

Mengetahui,                                                                                                                Bandar Lampung,   Juli 2019
Kepala SMA AL-AZHAR 3 Bandar Lampung                                                         Guru Mata Pelajaran




           
Drs. Hi. Ma’arifuddin Mz., M.Pd.                                                                           ARIF WAMBUDI, S.Pd.,
NIP.19680317 200003 1 006                                                                                    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar