Jumat, 12 Maret 2021

3.9 Bab 4 materi tentang pengolahan dan kewurausahaan bahan nabati dan hewani menjadi makanan internasional KWU kelas XI

Nama Guru        : Arif Wambudi

Mata Pelajaran : KWU

Kelas                   : XI

Judul materi: pengolahan dan kewirausahaan bahan nabati dan hewani menjadi makanan internasional

KD : 3.9

Tujuan Pembelajaran : Agar anak-anak bisa mempunyai inovasi dalam berwirausaha, dan bisa mengelola makanan


    Assalamualikum

anak-anak sholeh sholehah..

Jangan lupa hari ini belajar dan jangan lupa tetep patuhi ptotokol kesehatan 3M, semoga kalian selalu bersyukur, selalu bersabar, selalu semangat belajar walau dari rumah...


Untuk jadwal PJJ, masih menggunakan jadwal semester lalu ya..


Ingat sebelum memulai belajar selalu bangun subuh, laksanakan sholat subuh, sholat duha, murojaah, dan mengikuti literasi di fb dan ig sekolah...

Semangat belajar ya...


Semoga pandemi segera berakhir 


🙏🙏🙏🙏🙏🙏

1. Perencanaan Usaha Makanan Internasional

Peserta didik mempelajari tentang perencanaan usaha pengolahan bahan nabati dan hewani menjadi makanan internasional yang terdiri dari:


a. Ide dan peluang usaha makanan internasional

b. Sumber daya yang dibutuhkan dalam usaha makanan internasional

c. Perencanaan pemasaran usaha makanan internasional

d. Penyusunan proposal makanan internasional Pembelajaran diawali dengan meminta peserta didik untuk menemukan bahan


nabati dan hewani yang ada di daerah setempat untuk diolah menjadi makanan internasional. Bahan yang mereka temukan dapat dijadikan ide usaha dalam merencanakan usaha pengolahan bahan nabati dan hewani menjadi makanan

Bersama peserta didik, lakukan kegiatan pengamatan perencanaan usaha pengolahan bahan nabati dan hewani menjadi makanan internasional pada warung atau rumah makan yang diperoleh dari buku maupun dari media lainnya, kemudian peserta didik saling bertanya dan guru menjelaskan konsep perencanaan usaha pengolahan bahan nabati dan hewani menjadi makanan internasional.

Gunakan media presentasi dalam bentuk power point atau media lainnya untuk menjelaskan ide dan peluang usaha pengolahan bahan nabati dan hewani menjadi makanan internasional. Peserta didik mengemukakan pendapat dan pengalamannya.
a. Ide dan Peluang Usaha Pengolahan Bahan Nabati dan Hewani menjadi Makanan Internasional Aktivitas yang dilakukan peserta didik adalah mengidentifikasi dan jelaskan secara singkat faktor-faktor yang dapat memunculkan ide usaha, mengetahui resiko yang dapat ditemui dalam memulai usaha dan faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan atau kegagalan suatu usaha. Pada akhirnya peserta didik dapat melakukan pemetaan peluang usaha berdasarkan analisis SWOT. Kemudian peserta didik membuat laporan dari hasil identifikasi tersebut.

b. Sumber Daya yang dibutuhkan dalam Usaha Pengolahan Bahan Nabati dan Hewani menjadi Makanan Internasional Aktivitas yang dilakukan peserta didik adalah mengidentifikasi dan jelaskan secara singkat sumber daya yang dibutuhkan dalam mendirikan usaha pe-

Prakarya dan Kewirausahaan 353 Prakarya dan Kewirausahaan 353

c. Perencanaan Usaha Pengolahan Bahan Nabati dan Hewani menjadi Makanan Internasional Aktivitas yang dilakukan peserta didik adalah membuat perencanaan pemasaran produk makanan internasional yang telah dibuat untuk mendirikan suatu usaha pengolahan bahan nabati dan hewani menjadi makanan internasional yang ada dilingkungannya. Kemudian, peserta didik membuat laporan dari hasil perencanaan pemasaran usaha tersebut.

d. Penyusunan Proposal Usaha Pengolahan Bahan Nabati dan Hewani menjadi Makanan Internasional. Aktivitas yang dilakukan peserta didik adalah menyusun proposal usaha pengolahan bahan nabati dan hewani menjadi makanan internasional. Kemudian, membuat laporan berdasarkan hasil analisis tersebut. Di akhir pokok bahasan materi perencanaan usaha pengolahan bahan nabati dan hewani menjadi makanan internasional, peserta didik melakukan refleksi diri. Guru menugaskan kepada peserta didik untuk merenungkan dan menuliskan pada selembar kertas beberapa hal berikut.

a. Apa saja yang perlu diperhatikan ketika merencanakan usaha pengolahan bahan nabati dan hewani menjadi makanan internasional yang ada di wilayahnya?

b. Materi apa yang masih sulit untuk dipahami?

c. Catatan hasil pengamatan dari berbagai sumber/referensi bacaan tentang perencanaan usaha pengolahan bahan nabati dan hewani menjadi makanan internasional yang sudah dilakukan bersama kelompoknya.

d. Catatan kesulitan yang dihadapi saat mencari informasi dan pengamatan.

Kalian baca dan pahami berikan kesimpulan di kolom komentar ya nak. 

untuk minggu depan praktek membuat makanan internasional, yang bapak rubah menjadi makanan tradisional yaitu membuat tape singkong. Jadi persiapkan diri kalian ya nak, tetep drumah masing2 tidak harus mengerjakanya d luar rumah oke salam semangaat 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Latihan soal PAS Kewirausahaan kelas XI

  Asalamu'alaikum anak2 ku kelas XI minal aidzin walfaidzin mohon maaf lahir batin ya anak2ku, ✨ Semangat kembali mengikuti Pembelajaran...