Pengertian Profesi dan Profesionalisme
Profesi adalah kata serapan dari sebuah kata dalam bahasa Inggris “Profess”, yang dalam bahasa Yunani adalah “Επαγγελια”, yang bermakna: “Janji untuk memenuhi kewajiban melakukan suatu tugas khusus secara tetap/permanen”.
Profesi adalah pekerjaan yang membutuhkan pelatihan dan penguasaan terhadap suatu pengetahuan khusus. Suatu profesi biasanya memiliki asosiasi profesi, kode etik, serta proses sertifikasidan lisensi yang khusus untuk bidang profesi tersebut. Contoh profesi adalah pada bidang hukum, kedokteran, keuangan, militer,teknikdan desainer
Seseorang yang memiliki suatu profesi tertentu, disebut profesional. Walaupun begitu, istilah profesional juga digunakan untuk suatu aktivitas yang menerima bayaran, sebagai lawan kata dariamatir. Contohnya adalah petinju profesional menerima bayaran untuk pertandingan tinju yang dilakukannya, sementara olahraga tinju sendiri umumnya tidak dianggap sebagai suatu profesi.
Karakteristik Profesi
Profesi adalah pekerjaan, namun tidak semua pekerjaan adalah profesi. Profesi mempunyai karakteristik sendiri yang membedakannya dari pekerjaan lainnya. Daftar karakterstik ini tidak memuat semua karakteristik yang pernah diterapkan pada produk1. Keterampilan yang berdasar pada pengetahuan teoretis: Profesional diasumsikan mempunyai pengetahuan teoretis yang ekstensif dan memiliki keterampilan yang berdasar
Apa Itu Usaha Jasa? Pengertian, Ciri-Ciri, Karakteristik, Kelebihan dan Kekurangan
Bisnis jasa adalah perusahaan yang terdiri dari profesional atau tim ahli yang memberikan pekerjaan atau bantuan dalam menyelesaikan tugas untuk kepentingan pelanggannya. Produk yang diberikan bisnis jasa tidak seperti produk yang Anda beli di toko, seperti televisi, pakaian, atau makanan. Bisnis jasa memberikan produk yang terutama terdiri dari tenaga kerja pribadi dan keahlian untuk memberikan pekerjaan yang diinginkan. Misalnya, Anda dapat menggunakan agen real estat untuk membeli rumah pertama Anda karena Anda ingin memanfaatkan keahlian mereka, keterampilan bernegosiasi, dan pengetahuan tentang kontrak yang diperlukan.
Perusahaan akuntansi tidak menjual produk fisik seperti pengecer dan pedagang. Sebagai gantinya, mereka menjual layanan mereka kepada klien dan biasanya membebankan biaya per jam. Ini berlaku untuk hampir semua perusahaan profesional. Pengacara biasanya telah menetapkan tarif per jam dan membebankan biaya pada klien berdasarkan berapa lama untuk melakukan layanan. Intinya, perusahaan-perusahaan ini benar-benar menjual waktu mereka.
Ada banyak bisnis lain selain perusahaan profesional yang ada di industri jasa. Ambil bisnis perawatan kebun dan lansekap misalnya. Anda membayar mereka untuk datang ke rumah Anda dan melakukan layanan. Anda tidak mendapatkan produk fisik dari bisnis perawatan kebun.
Pengertian Perusahaan Jasa Menurut Para Ahli
- Djaslim Saladin
Perusahaan jasa Menurut Djaslim Saladin adalah badan usaha yang melakukan kegiatan yang tidak berwujud dan tidak menghasilkan kepemilikan yang ditawarkan suatu pihak ke pihak lainnya.
- Norman
- Pengertian perusahaan penyedia jasa Menurut Norman adalah perusahaan yang melakukan tindakan atau interaksi berupa kontak sosial antara produsen dan konsumen yang lebih dari sekedar hasil suatu yang tidak terhalang.
- Adrian Payne
Perusahaan jasa Menurut Adrian Payne adalah perusahaan yang melakukan aktivitas ekonomi yang memiliki nilai atau manfaat intangible, dimana terdapat interaksi dengan konsumen atau dengan barang miliki tapi tidak menghasilkan transfer kepemilikan.
- Christian Gronross
Pengertian perusahaan penyedia jasa Menurut Christian Gronross adalah perusahaan yang dalam kegiatannya terdiri dari serangkaian aktivitas intangible yang terjadi antara pelanggan dan pegawai jasa untuk mengatasi masalah pelanggan.
- Philip Kotler
Pengertian perusahaan jasa Menurut Philip Kotler adalah perusahaan yang menawarkan suatu tindakan bersifat abstrak atau tidak berwujud dan tidak menyebabkan perpindahan kepemilikan pada orang lain.
Karakteristik Jasa
- Tidak mempunyai wujud, yang artinya bersifat abstrak dan tidak dapat dilihat
- Harga Jasa Tidak Dapat Dipatok General
- Tidak Ada Harga Pokok Produksi dan Penjualan
- Produk yang dihasilkan tidak berstandar atau bervariasi (heterogenitas)
- Tidak bisa dipisahakan “produk dihasilkan dan dikonsumsi secara bersama-sama”
- Tidak bisa disimpan karena tidak mempunyai wujud
Ciri-Ciri Perusahaan Jasa.
- Jasa yang diberikan tidak sama, jadi masing-masing konsumen dapat memperoleh jenis pelayanan yang berbeda dengan konsumen lainnya.
- Pendapatan berasal dari penjualan jasa.
- Dalam proses memproduksi jasa, bisa atau tidak memerlukan bantuan dari produk fisik.
- Jasa yang dihasilkan tidak bisa disimpan, jadi sekali dibeli maka penggunaanya akan langsung habis.
- Tidak memiliki persedian produk dalam bentuk fisik, karena Produk yang dijual merupakan produk yang tidak berwujud (jasa). Jadi produk yang dihasilkan tidak dapat dilihat akan tetapi manfaatnya dapat dirasakan.
- Biasanya tingkatan harganya memiliiki sifat yang tidak mutlak, sebab murah atau mahalnya harga yang ditetapkan oleh perusahaan tergantung tingkat kebutuhan konsumen.
- Ruang Lingkup Perusahaan JasaRuang lingkup dari perusahaan jasa tidak terlalu besar karena hanya seputar mempersiapkan jasa yang akan diberikan kepada pelanggan hingga pada saat produsen jasa menjual produk jasanya kepada konsumen tersebut.
Materi ny pun sangat sesuai dnegan kehidupan nyata saat ini.. Serta cara pembelajarannya interaktif kepada siswa - siswi di kelas
BalasHapusMateri ny pun sangat sesuai dnegan kehidupan nyata saat ini.. Serta cara pembelajarannya interaktif kepada siswa - siswi di kelas
BalasHapus