BAB 2
A. FUNGSI PEMASARAN
Fungsi-fungsi pemasaran dapat digolongkan sebagai berikut
1. Fungsi pertukaran
Fungsi pemasaran jenis pertukaran meliputi :
a. Pembelian
Yang dimaksud pembelian adalah proses atau kegiatan yang mendorong untuk mencari penjual
b. Penjualan
Penjualan merupakan lawan dari pembelian yaitu proses yang mendorong untuk mencari pembeli
2. Fungsi penyediaan fisik
Fungsi pemasaran jenis penyediaan fisik meliputi :
a. Transportasi
Transportasi adalah proses pemindahan barang dari tempat yang satu ke tempat lain, proses ini menciptakan kegunaan tempat
b. Pergudangan
Fungsi ini melakukan kegiatan penyimpanan barang sejak selesai diproduksi atau dibeli sampai saat dipakai atau dijual di masa yang akan darang, pergudangan menciptakan kegunaan waktu
3. Fungsi fasilitas
Fungsi pemasaran jenis fasilitas meliputi :
a. Standardisasi
Standardisasi meliputi penentuan standar produk, pemeriksaan produk untuk menentukan termasuk standar yang mana dan menjelaskan barang dalam kelompok-kelompok standar yang telah ditentukan
b. Pembelanjaan
Dalam kegiatan pembelian, transportasi, pergudangan, standardisasi, dan sebagainya, diperlukan dana untuk pembiayaan
c. Penanggungan risiko
Dalam proses pemasaran terdapat banyak risiko, agar risiko itu dapat dihindarkan atau diperkecil maka terjadilah pengambilan risiko yang dilakukan oleh lembaga atau orang-orang tertentu
d. Penerangan pasar
Penerangan pasar adalah fungsi pemasaran yang sangat luas karena memberikan keterangan tentang situasi dagang pada umumnya, keterangan yang berhubungan dengan fungsi –fungsi manajemen, pemasaran, dan kegiatan lainnya
MEMILIH PASAR SASARAN
Pemilihan pasar sasaran akan menentukan bagaimana mengalokasikan sumber daya perusahaan diarahkan untuk program pemasaran. Pemasar dapat memilih salah satu dari tiga pendekatan berikut ini dalam menentukan pasar sasaran yaitu pemasaran yang tidak dideferensiasi (undifferentiated marketing), pemasaran diferensiasi (differentiated marketing), dan pemasaran konsentrasi (concentrated marketing
TABEL PERBEDAAN KETIGA STRATEGI PENENTUAN PASAR SASARAN
Faktorstrategis
|
Undifferentiated
|
Differentiated
|
Concentrated
|
Pasarsasaran
|
Rentangkonsumen yang luas
|
Duaataulebihkelompokkonsumen yang berbeda
|
Satukelompokkonsumen yang didefinisikandenganjelas
|
Produk
|
Jumlahmerek yang beredarterbatas (satumerek) untukseluruhtipekonsumen
|
Membuatmerek yang berbedauntukmasing-masingkelompokkonsumen
|
Satumerekkhususdibuatuntukkelompokkonsumen yang telahdidefinisikan
|
Distribusi
|
Seluruh outlet bisadigunakan
|
Seluruh outlet yang pantas
|
Seluruh outlet yang layak
|
Promosi
|
Media massa
|
Seluruh media yang pantasdengankarakteristikkonsumen yang khusus
|
Seluruh media massa
|
Harga
|
Saturentangharga
|
Membedakanhargauntukmasing-masingkelompokkonsumen
|
Satuhargakhusus yang ditujukanpadakelompokkonsumenkhusus
|
Penekananstrategi
|
Menarikjumlahkonsumen yang besardengan program pemasaran yang seragam
|
Menarikdua/lebihkelompokkonsumendengan program pemasaranberbedauntuktiapsegmen
|
Menarikkelompokkonsumen yang khususdengan program pemasaran yang khusustapiseragam
|
A. PENEMPATAN PASAR
Jika perusahaan sudah memutuskan uintuk memasuki sebuah segmen, perusahaan itu harus menentukan bagaimana memasukinya. Perusahaan tersebut harus mengidentifikasi posisi para pesaing yang ada sebelum menentukan penempatannya sendiri, ada dua pilihan yaitu :
1. Pilihan Pertama
Menempatkan diri di sebelah salah satu dari para pesaing yang ada dan berjuang untuk mendapatkan bagian pasar
2. Pilihan kedua
Mengembangkan sebuah produk yang sekarang ini belum pernah ditawarkan pada pasar ini
Keputusan mendasar perusahaan terhadap segmen pasar yang ditargetkan menentukan para pesaingnya. Perusahaan itu kemudian membuat keputusan mengenai posisi persaingan. Pada gilirannya, keputusan ini memungkinkan untuk merencanakan perincian tentang bauran pemasaran
Merancang produk
A. Pengertian produk
Pengertian produk menurut Beberapa ahli
1. Menurut William J. Stanton
· Dalam arti sempit, produk adalah sekelompok atribut fisik nyata yang terakit dalam sebuah bentuk yang dapat diidentifikasikan
· Dalam arti luas, produk adalah sekelompok atribut nyata dan tidak nyata, didalamnya termasuk kemasan,warna,harga,mutu dan merk di tambah dengan pelayanan dan reputasi penjual
2. Menurut Philip Kotler
Produk adalah sesuatu yang dapat ditawarkan ke pasar untuk diperhatikan, dimiliki, dipakai/ dikonsumsikan sehingga dapata memuaskan keinginan/ kebutuhan. Produk bisa berupa benda fisik,jasa orang, tempat ,organisasi dan ide.
Jenis produk adalah unit produk yang bisa dibedakan menurut ukuran,harga,penampilan / beberapa atribut lain
3. Menurut Indriyo Gitosudarmo
Produk adalah segala sesuatu yang diharapkan dapat memenuhi kebutuhan manusia ataupun organisasi
4. Menurut Irawan
Produk adalah sesuatu yang ditawarkan dan dapat memuaskan keinginan dan kebutuhan konsumen
B. Pengembangan produk
1. Pengertian
Pengembangan produk adalah kegiatan-kegiatan pembuat barang dan perantara yang bermaksud melakukan penyesuaian barang-barang yang di buat/ditawarkan untuk dijual atas permintaan pembeli.
Pengembangan produk dan perencanaan produk harus menjamin bahwa:
· Kulitas barangnya baik
· Desain barangnya baik
· Barang baru dapat ditambahkan jika diperlukan
· Barang sekarang dapat di kurangi jika diperlukan
· Kegunaan-kegunaan baru selalu diusahakan
· Bungkusnya sesuai
· Barangnya diberi cap yang pantas
Penanganan yang cermat terhadap pengembangan produk dan perencanaan produk disebabkan oleh adanya 3 faktor yang selalu berubah, yaitu:
· Jumlah pembeli potensial
Selalu berubah karena adanya kelahiran,kematian,urbanisasi,imigrasi dan emigrasi
· Kebutuhan dan preferensi para pembeli
Dapat berubah karena perubahan susunan umur penduduk, perubahan daya beli, adanya penemuan baru,adanya perbaikan baru/ cara-cara baru,pengaruh fashion,perubahan sikap masyarakat, perubahan kesenangan dan kebiasaan masyarakat
· Daya beli para pembeli
Disebabkan oleh pendapatan,keadaan gelombang konjungtur, peraturan pajak,pengangguran,inflasi
2. Penentu-penentu kualitas
Kualitas produk dapat ditentukan oleh:
· Material
· Teknik/cara pembuatan
· Tingkat keahlian orang/ perusahaan yang mengerjakan
· Engineering design dan specifications
· Daya tarik
Kualitas tersebut perlu di dengar pandangan pada pendapat dari beberapa golongan berikut:
· Organisasi-organisasi swasta
· Perkumpulan dagang
· Lembaga pemerintah
· Golongan konsumen
3. Gaya dan mode
Gaya adalah karakteristik/sifat-sifat yang luar biasa / metode pengungkapan,penyajian/konsepsi di dalam beberapa bidang seni. Ada gaya pakaiangaya pidato,gaya penampilan,gaya percakapan dsb.
Mode adalah gaya yang sedang berlaku pada suatu masa /waktu.
Desain adalah interpretasi orang terhadap gaya, cara-cara mengobinasikan garis, bentuk dan warna. Dalam 1 gaya terdapat beberapa desain
4. Peranan warna
Warna yang bermacam-macam berperan dalam hal kecorakan, mendorong orang untuk memiliki lebih dari satu macam
5. Positioning produk
MenurutRenaldKasali , positioning adalahstrategikomunikasiuntukmemasukijendelaotakkonsumen agar namaandamengandungartitertentu yang dalambeberapasegimencerminkankeunggulanterhadapnama lain dalambentukhubunganasosiatif.
Dengan mengetahui posisi produk ,dapat di tentukan alternatif strategi pemasaran ,strategi promosi, strategi inovasi produk,strategi penentuan segmen pasar.
Strategi promosi,bagi seorang pemasar sangat penting di lakukan. Dalam manajemen pemasaran, promosi merupakan ujung tombak penjualan. Semakin luas jangkauan Promosinya semakin besar dan banyak orang yang tahu mengenai produknya. Media promosi dapat melalui tv,radio,media massa,majalah,spanduk,brosur,dll.
Strategi inovasi produk diperlukan untuk menghindari konsumen dari rasa jenuh terhadap produk yalng di tawarkan. Kejenuhan konsumen terjadi ketika produk yang ditawarkan sudah menjadi kebiasaan umum digunakan manfaatnya.
Cara-cara positioning produkmenurutRenaldKasalidapatdilakukan:
· Positioning berdasarkanperbedaanproduk
· Positioning berdasarkanmanfaatproduk
· Positioning berdasarkanpemakaianproduk
· Positioning berdasarkankategoriproduk
· Positioning kepadapesaing
· Positioning melaluiimajinasi
· Positioning berdasarkanmasalah
6. Pengertian produk baru
· Produk yang benar-benarinovatifdanunik
· Produkpengganti yang benar-benarberbedadariproduk yang berbeda, missal:kopiinstan
· Produk imitative yaituproduk yang barubagiperusahaantertentu, tapibukanbaru di pasar.
· Produk yang menggunakan bahan baku baru sama sekali
Modifikasiprodukmenciptakan 3 dimensi:
· Perbaikanmutu
· Perbaikanciri-cirikhas
· Perbaikangaya
7. Langkah pengembangan produk baru
Menurut William J.Stanton, langkahpengembanganprodukbaruantara lain:
· Mewujudkangagasanprodukbaru
· Menyaringdanmenilaigagasan-gagasan
· Analisisbisnis
· Pengembanganproduk
· Ujipemasaran
· komersialisasi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar