Rabu, 29 Mei 2019

MAKALAH SURVEY KLS XI IPS 1

“Laporan kunjungan ekonomi ke Pegadaian Palapa”


Disusun oleh:
1.Rizky Kurnia Manggala
2.M Naufal alfarisi
3.Raisha Fadhiya
4.Nabila Risky
5.Ela Rahmawati
6.M Rafly
7.Ahmad Sofian

                                  Tahun ajaran 2018/2019

KATA PENGANTAR

Ucapan puji-puji dan syukur semata-mata hanyalah milik Allah SWT. Hanya kepada-Nya lah kami memuji dan hanya kepada-Nya lah kami bersyukur, kami meminta ampunan dan kami meminta pertolongan sehingga laporan kunjungan kami yang berjudul “Laporan kunjungan ekonomi ke pegadaian palapa” telah selesai hingga waktu yang ditentukan.

Shalawat serta salam tidak lupa selalu kita haturkan untuk junjungan nabi agung kita, yaitu Nabi Muhammad SAW yang telah menyampaikan petunjukan Allah SWT untuk kita semua, yang merupakan sebuah pentunjuk yang paling benar yakni Syariah agama Islam yang sempurna dan merupakan satu-satunya karunia paling besar bagi seluruh alam semesta.

Kami ucapkan terimakasih yang sebanyak-banyaknya kepada setiap pihak yang telah mendukung serta membantu kami selama proses penyelesaian laporan kunjungan ini terutama kepada pihak pegadaian yang bersedia memberikan informasi kepada kami dan kawan kawan yang bersedia mensukseskan kujungan ini.

Selain itu kami juga sadar bahwa pada laporan kunjungan kami ini dapat ditemukan banyak sekali kekurangan serta jauh dari kesempurnaan. Oleh sebab itu, kami benar-benar menanti kritik dan saran untuk kemudian dapat kami revisi dan kami tulis di masa yang selanjutnya, sebab sekali kali lagi kami menyadari bahwa tidak ada sesuatu yang sempurna tanpa disertai saran yang konstruktif.

Akhirnya, semoga laporan ini dapat berguna dan memberikan manfaat bagi setiap pihak terutama bagi mereka para pembaca


Bandar Lampung, 4 April 2019


Laporan mengenai kunjungan ke pegadaian palapa :
   Pada tanggal 4 April 2019 kelompok kami mengunjungi ke salah satu pegadaian di lampung yang terletak di palapa.dalam kunjungan ini kami mewawancarai salah satu yang bernama winny,dalam sesi wawancara tersebut kami mendapatkan beberapa informasi sebagai berikut:

*Pegadaian sendiri sudah ada sejak tahun 1901,tetapi pegadaian yang terletak di palapa sudah berdiri sejak tahun 1997
*Cabang pegadaian di lampung sendiri memiliki cabang 5 didalam kota(tanjung karang timur,tanjung karang pusat,kedaton,teluk betung, dan way halim),dan 3 diluar kota.
*Misi utama pegadaian adalah membantu masyarakat menengah kebawah dalam pembiayaan sehingga terhindar dari rentenir.
*Pegawai di pegadaian yang terletak di palapa sendiri terdiri dari 4 pegawai yaitu,pemimpin cabang (yang bertugas untuk mengecek kas,mengecek administrasi,mengelola SDM),Penaksir (yang bertugas untuk menentukan kredit yang bisa dicairkan kepada peminjam ,menaksir barang jaminannya,dan menentuk berapa kreditnya),Kasir (bertugas untuk mengatur pembayaran,DLL),Penyimpan (bertugas untuk mengurus barang jaminan.)
*Barang barang yang bias digadaikan di pegadaian antara lain;Emas(emas batangan atau emas perhiasan),kendaraan(Motor,mobil,DLL),Barang elektronik (Handphone,televisi,computer,DLL)
*Syarat dan ketentuan yang berlaku di pegadaian antara lain;harus memiliki KTP,media jaminan yang dapat membuktikan bahwa itu adalah milik dia (BPKB untuk kendaraan,Kwitansi pembelian,dan barang yang diagadaikan harus sudah lunas dan tidak dalam tahap kredit.
*Ketika kita ingin mengambil barang kita di pegadaian maka ada biaya tambahan yang dinamakan sewa modal yang dimana di pegadaian rangenya yaitu 1 – 1,2 % per 15 hari hitungannya.
*Pegadaian juga sudah ada program investasi yang dimana kita bisa menabung hanya dengan uang 50 ribu dan boleh menabung berapapun dan tabungannya akan dalam bentuk emas.
*pegadaian juga memiliki acara internal setiap tahunnya yang dimana acara tersebut untuk memperkuat koordinasi antar karyawan.










Berikut ini foto foto yang kami abadikan selama kunjungan ke pegadaian.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Latihan soal PAS Kewirausahaan kelas XI

  Asalamu'alaikum anak2 ku kelas XI minal aidzin walfaidzin mohon maaf lahir batin ya anak2ku, ✨ Semangat kembali mengikuti Pembelajaran...