Jumat, 22 Januari 2021

Materi tentang Pengertian Promosi Usaha Kerajinan dari Bahan Limbah Berbentuk Bangun Ruang KWU kelas XI

 Nama Guru : Arif Wambudi

Mata Pelajaran : KWU

Kelas : XI IPA 3

Judul materi : Pengertian Promosi Usaha Kerajinan dari Bahan Limbah Berbentuk Bangun Ruang

Tujuan Pembelajaran : Agar anak-anak bisa mempunyai inovasi dalam berwirausaha


    Assalamualikum

anak-anak sholeh sholehah..

Jangan lupa hari ini belajar dan jangan lupa tetep patuhi ptotokol kesehatan 3M, semoga kalian selalu bersyukur, selalu bersabar, selalu semangat belajar walau dari rumah...


Untuk jadwal PJJ, masih menggunakan jadwal semester lalu ya..


Ingat sebelum memulai belajar selalu bangun subuh, laksanakan sholat subuh, sholat duha, murojaah, dan mengikuti literasi di fb dan ig sekolah...

Semangat belajar ya...


Semoga pandemi segera berakhir 


πŸ™πŸ™πŸ™πŸ™πŸ™πŸ™


1. Pengertian Promosi Usaha Kerajinan dari Bahan Limbah Berbentuk Bangun Ruang


Promosi merupakan salah satu kegiatan pemasaran yang penting bagi perusahaan dalam upaya mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan serta meningkatkaan kualitas penjualan. Promosi adalah segala bentuk komunikasi yang digunakan untuk menginformasikan to inform, membujuk to persuade, atau mengingatkan orang –orang tentang produk yang dihasilkan organisasi, individu, ataupun rumah tangga Simamora, 
 
Adapun tujuan dari pada perusahaan melakukan promosi menurut Tjiptono 2001 adalah menginformasikan informing, mempengaruhi dan membujuk persuading serta mengingatkan reminding pelangggan tentang perusahaan dan bauran pemasarannya. 

Menurut Sistaningrum 2002 
tujuan promosi adalah sebagai berikut: 
a. Memperkenalkan diri 
b. Membujuk 
c. Modiikasi 
d. Membentuk tingkah laku 
e. Mengingatkan kembali tentang produk dan perusahaan yang bersangkutan. 


2. Menentukan Strategi Promosi Produk Hasil Usaha Kerajinan dari


Bahan Limbah Berbentuk Bangun Ruang Untuk mengomunikasikan produk kerajinan perlu disusun strategi yang disebut dengan strategi promosi, yang terdiri atas empat komponen utama yaitu periklanan,promosi penjualan, publisitas, dan penjualan tatap muka. 

a. Periklanan advertising Periklanan merupakan sebuah bentuk komunikasi non personal yang harus diberikan imbalanpembayaran kepada sebuah organisasi atau dengan menggunakan media massa. Adapun media yang biasa digunakan adalah televisi, surat kabar, majalah, internet, dan lain lain. 

b. Promosi penjualan sales promotion Promosi penjualan merupakan insentif jangka pendek untuk meningkatkan penjualan suatu produk atau jasa dimana diharapkan pembelian dilakukan sekarang juga. Wujud nyata kegiatan promosipenjualan misalnya obral, pemberian kupon, dan pemberian contoh produk. 

c. Penjualan Tatap Muka Personal Selling Penjualan tatap muka merupakan sebuah proses dimana para pelanggan diberi informasi dan merekadipersuasi untuk membeli produk-produk melaluikomunikasi secara personal dalam suatu situasi perekrutan. 

d. Publisitas atau Hubungan Masyarakat Publisitas merupakan bentuk komunikasinon personal dalam bentuk berita sehubungan dengan organisasi tertentu atau tentang produk-produknya yang ditransmisi melalui perantara media massa. Aktivitas 16 Jelaskan cara menentukan strategi promosi pada usaha kerajinan dari limbah berbentuk bangun ruang yang ada dilingkunganmu

Silahkan setelah kalian membaca dan memahami materi kerjakan soal di bawah ini? 

1. Jelaskan pengertian promosi khususnya pada usaha produk kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun ruang yang ada dilingkunganmu? 

38 komentar:

  1. Balasan
    1. Promosi adalah kegiatan memperkenalkan, dan menyebarluaskan informasi produk usaha (kerajinan dari bahan limbah bangun ruang) kepada masyarakat baik secara langsung maupun tak langsung agar masyarakat berminat membeli dan memakai produk tersebut. Promosi adalah satu satunya cara agar produk tersebut laku sehingga sang produsen mendapat laba, dan untuk mempertahankan perusahaan. Dalam mempromosikan sesuatu, tentu ada strategi yang bisa membuat promosi bisa berjalan lancar bahkan berhasil. Promosi bisa lewat berbagai cara baik mengenalkan produk secara langsung atau lewat media.

      Hapus
  2. Balasan
    1. Promosi adalah suatu kegiatan atau cara menyebarluaskan informasi tentang barang tersebut dan memasarkan barang yg ingin dijual agar mendapatkam customer atau pembeli yang mana kita mendapatkan keuntungan dari hasil barang yg kita promosi

      Hapus
  3. Balasan
    1. Promosi adalah suatu kegiatan atau cara menyebarluaskan informasi tentang barang tersebut dan memasarkan barang yang ingin dijual agar mendapatkan pembeli/costumer, dan kita dapat keuntungan dari hasil barang yg dipromosikan

      Hapus
  4. Balasan
    1. Promosi adalah suatu kegiatan atau cara menyebarluaskan informasi tentang barang tersebut dan memasarkan barang yang ingin dijual agar mendapatkan pembeli/costumer, dan kita dapat keuntungan dari hasil barang yg dipromosikan

      Hapus
  5. Balasan
    1. Promosi adalah segala bentuk komunikasi yang digunakan untuk menginformasikan, membujuk, atau mengingatkan orang –orang tentang produk yang dihasilkan organisasi, individu, ataupun rumah tangga dengan tujuan konsumen membeli produk tersebut.

      Hapus
  6. Anjelina Prila 11 IPA 3

    `promosi adalah suatu kegiatan/cara menyebarluaskan informasi tentang barang tersebut dan memasarkan barang yg ingin dijual agar mendapatkan customer/pembeli,dan kita mendapatkan keuntungan dari hasil barang yg kita promosi

    BalasHapus
  7. Anjelina Prila 11 IPA 3

    Promosi adalah suatu kegiatan atau cara menyebarluaskan informasi tentang barang tersebut dan memasarkan barang yang ingin dijual agar mendapatkan pembeli/costumer, dan kita dapat keuntungan dari hasil barang yg dipromosikan

    BalasHapus
  8. Alyra Ayu Kinanti
    XI IPA 3
    Promosi adalah suatu kegiatan atau cara menyebarluaskan informasi tentang barang tersebut dan memasarkan barang yg ingin dijual agar mendapatkam customer atau pembeli yang mana kita mendapatkan keuntungan dari hasil barang yg kita promosi

    BalasHapus
  9. Nur fajri vanza javier
    11 IPA 3

    Promosi adalah suatu kegiatan atau cara menyebarluaskan informasi tentang barang tersebut dan memasarkan barang yang ingin dijual agar mendapatkan pembeli/costumer, dan kita dapat keuntungan dari hasil barang yg dipromosikan

    BalasHapus
  10. Nama:Darma Putra Aditama
    Kelas :XI IPA 3
    Promosi adalah segala bentuk komunikasi yang digunakan untuk menginformasikan (to inform),membujuk (to persuade), atau mengingatkan orang –orang tentang produk yang dihasilkan organisasi, individu, ataupun rumah tangga Simamora agar konsumen membeli produk

    BalasHapus
  11. Dwi Adi Putra
    XI ipa3
    Promosi adalah Suatu Kegiatan Menjual Barang Yg Ingin Dijualkan Agar Pembeli/Customer Mendapatkan keuntungan Dalam Pembelian

    BalasHapus
  12. Jovita yosepah
    XI IPA 3
    Promosi adalah suatu kegiatan atau cara menyebarluaskan informasi tentang barang tersebut dan memasarkan barang yang ingin dijual agar mendapatkan pembeli/costumer, dan kita dapat keuntungan dari hasil barang yg dipromosikan

    BalasHapus
  13. Vinna Vebriyanti
    XI IPA 3
    Promosi adalah suatu kegiatan atau cara menyebarluaskan informasi tentang barang tersebut dan memasarkan barang yang ingin dijual agar mendapatkan pembeli/costumer, dan kita dapat keuntungan dari hasil barang yg dipromosikan.

    BalasHapus
  14. Firmansyah abdul aziz
    XI IPA 3
    Promosi adalah segala bentuk komunikasi yang digunakan untuk menginformasikan,membujuk, atau mengingatkan orang –orang tentang produk yang dihasilkan organisasi, individu, ataupun rumah tangga Simamora agar konsumen membeli produk

    BalasHapus
  15. M. Rezky Adytama
    XI IPA 3
    Promosi merupakan salah satu kegiatan pemasaran yang penting bagi perusahaan dalam upaya mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan serta meningkatkaan kualitas penjualan.

    BalasHapus
  16. Rahmalia Putri
    XI IPA 3
    Promosi adalah suatu kegiatan yg dilakukan untuk menyebar luaskan informasi tentang suatu barang dan memasarkan barang yg ingin dijual agar mendapatkan pembeli dan kita mendapatkan keuntungan dari hasil barang yg kita promosikan.

    BalasHapus
  17. Tharissa Nadia K
    11 IPA 3
    Promosi adalah suatu kegiatan yg dilakukan untuk menyebar luaskan informasi tentang suatu barang dan memasarkan barang yg ingin dijual agar mendapatkan pembeli dan kita mendapatkan keuntungan dari hasil barang yg kita promosikan.

    BalasHapus
  18. Cece tiara safitri
    XI IPA 3

    Promosi adalah suatu kegiatan atau cara menyebarluaskan informasi tentang barang tersebut dan memasarkan barang yang ingin dijual agar mendapatkan pembeli/costumer, dan kita dapat keuntungan dari hasil barang yg kita promosikan

    BalasHapus
  19. M.Hafizh Risqullah
    XI IPA 3
    Promosi adalah sebuah cara untuk meng info kan kepada masyarakat tentang suatu produk yang sedang di jual dengan tujuan meningkat kan jumlah pembeli

    BalasHapus
  20. Gusjiyanti Aries Tiano
    XI IPA 3

    Promosi adalah suatu kegiatan atau cara menyebarluaskan informasi tentang barang tersebut dan memasarkan barang yang ingin dijual agar mendapatkan pembeli atau costumer, dan kita dapat keuntungan dari hasil barang yg dipromosikan.

    BalasHapus
  21. Aulia Ananda
    XI IPA 3

    Promosi adalah suatu kegiatan atau cara menyebarluaskan informasi ttg barang tsb dan memasarkan barang yg ingin dijual agar mendapatkan pembeli/costumer, dan kita dapat keuntungan dari hasil barang yg dipromosikan

    BalasHapus
  22. Intan Permata Sari
    XI IPA 3

    Promosi adalah segala bentuk komunikasi yang digunakan untuk menginformasikan,membujuk, atau mengingatkan orang –orang tentang produk yang dihasilkan organisasi, individu, ataupun rumah tangga Simamora agar konsumen membeli produk

    BalasHapus
  23. Aditya Gumai
    XI IPA 3
    Promosi merupakan salah satu kegiatan pemasaran yang penting bagi perusahaan dalam upaya mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan serta meningkatkaan kualitas penjualan.

    BalasHapus
  24. Muhammad Evan
    XI IPA 3
    Promosi adalah kegiatan penting yang dilakukan perusahaan untuk mempertahankan perusahaan itu sendiri dan meningkatkan kualitas penjualan. Promosi ini dilakukan dalam bentuk komunikasi untuk mengiformasikan, membujuk dan mengingatkan organisasi maupun individu atas suatu produk seperti kerajinan limbah dalam bentuk bangun ruang

    BalasHapus
  25. reza febriana 11 ipa 3
    Promosi merupakan salah satu kegiatan pemasaran yang penting bagi perusahaan dalam upaya mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan serta meningkatkaan kualitas penjualan.

    BalasHapus
  26. Yosa Nabila
    11 Ipa 3

    Promosi adalah suatu kegiatan atau cara menyebarluaskan informasi tentang barang tersebut dan memasarkan barang yang ingin dijual agar mendapatkan pembeli/costumer, dan kita dapat keuntungan dari hasil barang yg kita promosikan

    BalasHapus
  27. Arif Rahman Hakim
    XI IPA 3
    Promosi merupakan salah satu kegiatan pemasaran yang penting bagi perusahaan dalam upaya mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan serta meningkatkaan kualitas penjualan.

    BalasHapus
  28. Vanesha Saraswati
    XI IPA 3

    Promosi merupakan salah satu kegiatan pemasaran yang penting bagi perusahaan dalam upaya mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan serta meningkatkaan kualitas penjualan. Promosi adalah segala bentuk komunikasi yang digunakan untuk menginformasikan , atau mengingatkan orang –orang tentang produk yang dihasilkan organisasi, individu, ataupun rumah tangga.

    BalasHapus
  29. Ziqri Abdillah
    XI IPA 3

    promosi adalah suatu kegiatan atau cara menyebarluaskan informasi tentang barang tersebut dan memasarkan barang yg ingin dijual agar mendapatkam customer atau pembeli yang mana kita mendapatkan keuntungan dari hasil barang yg kita promosi.

    BalasHapus
  30. SHAYUQI AZIZ
    XI IPA 3


    Promosi adalah kegiatan penting yang dilakukan perusahaan untuk mempertahankan perusahaan itu sendiri dan meningkatkan kualitas penjualan. Promosi ini dilakukan dalam bentuk komunikasi untuk mengiformasikan, membujuk dan mengingatkan organisasi maupun individu atas suatu produk seperti kerajinan limbah dalam bentuk bangun ruang

    BalasHapus
  31. rafi daffa k
    XI IPA 3

    Promosi adalah upaya untuk memberitahukan atau menawarkan produk atau jasa pada dengan tujuan menarik calon konsumen untuk membeli atau mengkonsumsinya. Dengan adanya promosi,diharapkan kenaikannya angka penjualan

    BalasHapus
  32. Nadia istikomah
    XI IPA 3

    Promosi adalah suatu kegiatan atau cara menyebarluaskan informasi tentang barang tersebut dan memasarkan barang yang ingin dijual agar mendapatkan pembeli/costumer, dan kita dapat keuntungan dari hasil barang yg dipromosikan.

    *maaf pak saya pake akun cece,soalnya akun saya masi eror pak

    BalasHapus
  33. Sabita Hamdunna Syafitri
    XI IPA 3

    Promosi merupakan salah satu kegiatan pemasaran yang penting bagi perusahaan dalam upaya mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan serta meningkatkaan kualitas penjualan.

    BalasHapus