SILABUS
PKWU (Kerajinan)
Satuan
Pendidikan : SMA AL – ALZHAR 3 Bandar Lampung
Kelas : XI (Sebelas)
Alokasi
waktu : 2 Jam
Pembelajaran/minggu
Kompetensi
Inti :
KI-1: Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya.
KI-2:
Menghayati dan mengamalkan
perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran,
damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam berinteraksi secara
efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah,
masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan
kawasan internasional”.
KI 3: Memahami, menerapkan, dan menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya
di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu
menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
3.1
Memahami perencanaan usaha kerajinan
dari bahan limbah berbentuk bangun datar (sebagai solusi dari masalah
lingkungan hidup) meliputi ide, peluang usaha, sumber daya, administrasi dan
pemasaran
|
· Ide
dan peluang usaha
· Analisa
peluang usaha
· Sumber
daya yang di butuhkan
· Administrasi
dan pemasaran
· Komponen
perencanaan usaha
· Langkah-langkah
penyusunan perencanaan usaha
|
· Membaca
dan mencermati model perencanaan usaha kerajinan
· Membuat
pertanyaan terhadap apa yang belum
diketahui
· Mengumpulkan
data/informasi tentang ide dan peluang usaha, analisa peluang usaha, sumber
daya yang di butuhkan serta administrasi dan pemasaran
· Membuat perencanaan usaha kerajinan
· Mengolah informasi dan data yang diperoleh, membuat
hubungan antara pengetahuan dan praktik dalam bentuk perencanaan usaha dan
menyimpulkan
· Menyajkan
hasil analisis dan simpulan tentang perencanaan usaha yang dibuat dalam
bentuk lisan dan tulisan
|
4.1
Menyusun perencanaan usaha kerajinan
dari bahan limbah berbentuk bangun datar (sebagai solusi dari masalah
lingkungan hidup) meliputi ide, peluang usaha, sumber daya, administrasi dan
pemasaran
|
||
3.2
Menganalisis sistem produksi
kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun datar berdasarkan daya dukung
yang dimiliki oleh daerah setempat
|
· Jenis
dan karakteristik bahan dan alat kerajinan
· Macam-macam kerajinan bahan limbah berbentuk bangun
datar
· Teknik
produksi kerajinan
· Tahapan
proses produksi kerajinan
· Jenis
dan kegunaan bahan kemas
· Teknik
penyajian dan pengemasan
|
· Mengamati
berbagai produk kerajinan di industri sekitar sekolah, toko kerajinan,
internet, video dan atau membaca literatur/buku teks
· Mengumpulkan
data/informasi untuk memperoleh jawaban dari berbagai pertanyaan yang
dikembangkan
· Latihan
membuat kerajinan
· Mengolah
atau menganalisis informasi yang telah dikumpulkan dari
kegiatan mengamati dan
eksperimen produksi kerajinan serta membuat hubungan keduanya dan
menyimpulkan
· Menyajkan
hasil analisis dan simpulan dalam berbagai bentuk media (lisan dan tulisan)
|
4.2
Memproduksi kerajinan dari bahan
limbah berbentuk bangun datar berdasarkan daya dukung yang dimiliki oleh
daerah setempat
|
||
3.3
Memahami perhitungan titik impas
(Break Even Point) usaha kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun datar
|
· Pengertian
BEP
· Biaya
tetap
· Biaya
variabel
· Perhitungan
BEP
|
· Membaca
literatur atau buku teks Titik Impas (BEP) kerajinan
· Mengumpulkan
data/informasi tentang untuk memperoleh jawaban dari berbagai pertanyaan yang
dikembangkan
· Latihan
menghitung titik impas sesuai kasus yang diberikan guru dan mengevaluasi
hasil perhitungan
· Mengolah
dan menganalisis data yang terkumpul dari hasil diskusi dan latihan serta
membuat kesimpulan
· Menyajikan hasil
analisis dan simpulan tentang hasil diskusi dan latihan serta membuat
kesimpulan
|
4.3
Menghitung titik impas (Break Even
Point) usaha kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun datar
|
||
3.4
Menganalisis strategi promosi produk
usaha kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun datar.
|
· Mengenal
konsumen dan pesaing
· Strategi
promosi
· Rencana
promosi
· Media
promosi
|
· Mengamati
kegiatan promosi produk kerajinan dengan
cara observasi ke pasar/super market/ sentra penjualan
di sekitar sekolah atau
membaca/menyimak dari berbagai
literatur atau nara sumber lain
· Membuat
pertanyaan dan berdiskusi untuk
mendapatkan informasi tentang konsumen dan pesaing, strategi promosi, rencana
dan media promosi
· Mengumpulkan
data/informasi untuk menjawab pertanyaan dan memperkuat pemahaman tentang
promosi produk
· Latihan memasarkan produk kerajinan melalui berbagai strategi promosi
· Menganalisis
dan menyimpulkan informasi/data serta menghubungkannya
· Menyajikan
hasil analisis dan simpulan tentang
promosi produk dalam berbagai bentuk media (lisan/tulisan)
|
4.4
Melakukan promosi produk usaha
kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun datar.
|
||
3.5
Menganalisis laporan kegiatan usaha
kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun datar
|
· Komponen
laporan kegiatan
· Teknik
pembuatan laporan
· Tahap
pembuatan laporan
|
· Mengamati komponen laporan kegiatan usaha dengan
menggunakan berbagai sumber belajar yang relevan
· Membuat
pertanyaan untuk mendapatkan informasi tentang laporan kegiatan usaha
· Mengumpulkan
data/informasi tentang laporan kegiatan usaha
· Berlatih
membuat laporan kegiatan usaha yang telah dilakukan
· Menganalisis
dan menyimpulkan informasi/data serta
menghubungkan teori dan praktik pembuatan laporan yang dilakukan
· Menyajikan
hasil analisis dan simpulan tentang
laporan hasil kegiatan dalam berbagai bentuk media (lisan/tulisan
|
4.5
Menyusun laporan kegiatan usaha
kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun datar.
|
||
3.6
Memahami perencanaan usaha kerajinan
dari bahan limbah berbentuk bangun ruang (sebagai solusi dari masalah
lingkungan hidup) meliputi ide, peluang usaha, sumber daya, administrasi dan
pemasaran.
|
· Ide
dan peluang usaha
· Analisa
peluang usaha
· Sumber
daya yang di butuhkan
· Administrasi
dan pemasaran
· Komponen
perencanaan usaha
· Langkah-langkah
penyusunan perencanaan usaha
|
· Membaca
dan mencermati model perencanaan usaha kerajinan
· Membuat
pertanyaan terhadap apa yang belum
diketahui
· Mengumpulkan
data/informasi tentang ide dan peluang usaha, analisa peluang usaha, sumber
daya yang di butuhkan serta administrasi dan pemasaran
· Membuat perencanaan usaha kerajinan
· Mengolah informasi dan data yang diperoleh, membuat
hubungan antara pengetahuan dan praktik dalam bentuk perencanaan usaha dan
menyimpulkan
· Menyajkan
hasil analisis dan simpulan tentang perencanaan usaha yang dibuat dalam
bentuk lisan dan tulisan
|
4.6
Membuat perencanaan usaha kerajinan
dari bahan limbah berbentuk bangun ruang (sebagai solusi dari masalah
lingkungan hidup) meliputi ide, peluang usaha, sumber daya, administrasi dan
pemasaran.
|
||
3.7
Menganalisis system produksi
kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun ruang berdasarkan daya dukung
yang dimiliki oleh daerah setempat
|
· Jenis
dan karakteristik bahan dan alat kerajinan
· Macam-macam kerajinan dari bahan limbah berbentuk
bangun ruang
· Teknik
produksi kerajinan
· Tahapan
proses produksi kerajinan
· Jenis
dan kegunaan bahan kemas
· Teknik
penyajian dan pengemasan
|
· Mengamati
berbagai produk kerajinan di industri sekitar sekolah, toko kerajinan,
internet, video dan atau membaca literatur/buku teks
· Mengumpulkan
data/informasi untuk memperoleh jawaban dari berbagai pertanyaan yang
dikembangkan
· Latihan
membuat kerajinan
· Mengolah
atau menganalisis informasi yang telah dikumpulkan dari
kegiatan mengamati dan
eksperimen produksi kerajinan serta membuat hubungan keduanya dan
menyimpulkan
· Menyajkan
hasil analisis dan simpulan dalam berbagai bentuk media (lisan dan tulisan)
|
4.7
Memproduksi kerajinan dari bahan
limbah berbentuk bangun ruang berdasarkan daya dukung yang dimiliki oleh
daerah setempat.
|
||
3.8
Memahami perhitungan titik impas
(Break Even Point) usaha kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun ruang
|
· Biaya
Tetap
· Biaya
Tidak Tetap
· Taksiran
Harga Jual
· Perhitungan
titik impas
|
· Membaca
literatur atau buku teks Titik Impas (BEP) kerajinan
· Mengumpulkan
data/informasi tentang untuk memperoleh jawaban dari berbagai pertanyaan yang
dikembangkan
· Latihan
menghitung titik impas sesuai kasus yang diberikan guru dan mengevaluasi
hasil perhitungan
· Mengolah
dan menganalisis data yang terkumpul dari hasil diskusi dan latihan serta
membuat kesimpulan
· Menyajikan hasil
analisis dan simpulan tentang hasil diskusi dan latihan serta membuat
kesimpulan
|
4.8
Menghitung titik impas (Break Even
Point) usaha kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun ruang
|
||
3.9
Menganalisis strategi promosi produk
usaha kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun ruang
|
· Mengenal
konsumen dan pesaing
· Strategi
promosi
· Rencana
promosi
· Media
promosi
|
· Mengamati
kegiatan promosi produk kerajinan dengan
cara observasi ke pasar/super market/ sentra penjualan
di sekitar sekolah atau
membaca/menyimak dari berbagai
literatur atau nara sumber lain
· Membuat
pertanyaan dan berdiskusi untuk
mendapatkan informasi tentang konsumen dan pesaing, strategi promosi, rencana
dan media promosi
· Mengumpulkan
data/informasi untuk menjawab pertanyaan dan memperkuat pemahaman tentang
promosi produk
· Latihan memasarkan produk kerajinan melalui berbagai strategi promosi
· Menganalisis
dan menyimpulkan informasi/data serta menghubungkannya
· Menyajikan
hasil analisis dan simpulan tentang
promosi produk dalam berbagai bentuk media (lisan/tulisan)
|
4.9
Melakukan promosi produk usaha
kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun ruang
|
||
3.10
Menganalisis laporan kegiatan
usaha kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun ruang
|
· Komponen
laporan kegiatan
· Teknik
pembuatan laporan
· Tahap
pembuatan laporan
|
· Mengamati komponen laporan kegiatan usaha dengan
menggunakan berbagai sumber belajar yang relevan
· Membuat
pertanyaan untuk mendapatkan informasi tentang laporan kegiatan usaha
· Mengumpulkan
data/informasi tentang laporan kegiatan usaha
· Berlatih
membuat laporan kegiatan usaha yang telah dilakukan
· Menganalisis
dan menyimpulkan informasi/data serta
menghubungkan teori dan praktik pembuatan laporan yang dilakukan
· Menyajikan
hasil analisis dan simpulan tentang
laporan hasil kegiatan dalam berbagai bentuk media (lisan/tulisan
|
4.10
Menyusun laporan kegiatan usaha
kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun ruang
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar