Sabtu, 20 Juli 2019

SILABUS PRAKARYA / KWU KLS XII


SILABUS

PKWU (Kerajinan)           
Satuan Pendidikan              : SMA AL –AZHAR 3BANDAR LAMPUNG
Kelas                                      : XII (Dua Belas)
Alokasi waktu                      : 2 Jam Pembelajaran/minggu
Kompetensi Inti                   :
KI-1:    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI-2:    Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan kawasan internasional”.
KI 3:    Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI4:     Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
3.1    Memahami perencanaan usaha kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan lingkungan sekitar/pasar lokal meliputi ide dan peluang usaha, sumber daya, administrasi, dan pemasaran
·    Memahami ide dan peluang usaha kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan lingkungan sekitar/pasar lokal
·    Memahami analisa peluang usaha kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan lingkungan sekitar/pasar lokal
·    Memahami sumber daya yang di butuhkan untuk usaha kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan lingkungan sekitar/pasar lokal
·    Memahami administrasi dan pemasaran usaha kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan lingkungan sekitar/pasar lokal
·    Memahami komponen perencanaan usaha kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan lingkungan sekitar/pasar lokal
·    Memahami langkah-langkah penyusunan proposal usaha kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan lingkungan sekitar/pasar lokal
·    Ide dan peluang usaha
·    Analisa peluang usaha
·    Sumber daya yang di butuhkan
·    Administrasi dan pemasaran
·    Komponen perencanaan usaha
·    Langkah-langkah penyusunan perencanaan/proposal usaha
·         Membaca dan mencermati model perencanaan/proposal usaha kerajinan
·         Membuat pertanyaan  terhadap apa yang belum diketahui
·         Mengumpulkan data/informasi tentang ide dan peluang usaha, analisa peluang usaha, sumber daya yang di butuhkan serta administrasi dan pemasaran
·         Membuat  perencanaan/proposal usaha  kerajinan 
·         Mengolah  informasi dan data yang diperoleh, membuat hubungan antara pengetahuan dan praktik dalam bentuk perencanaan usaha dan menyimpulkan
·         Menyajkan hasil analisis dan simpulan tentang perencanaan usaha yang dibuat dalam bentuk lisan dan tulisan

4.1    Menyusun perencanaan usaha kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan lingkungan sekitar/pasar lokal meliputi ide dan peluang usaha, sumber daya, administrasi, dan pemasaran
·    Menyusun perencanaan usaha kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan lingkungan sekitar/pasar lokal meliputi ide dan peluang usaha, sumber daya, administrasi, dan pemasaran
3.2    Menganalisis sistem produksi kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan lingkungan sekitar/pasar lokal berdasarkan daya dukung yang dimiliki oleh daerah setempat
·    Memahami jenis dan karakteristik bahan dan alat kerajinan
·    Menganalisis macam-macam  kerajinan berdasarkan inspirasi budaya lokal
·    Menganalisis teknik produksi kerajinan
·    Menganalisis tahapan proses produksi kerajinan
·    Menganalisis jenis dan kegunaan bahan kemas
·    Menganalisis teknik penyajian dan pengemasan
·    Jenis dan karakteristik bahan dan alat kerajinan
·    Macam-macam  kerajinan berdasarkan inspirasi budaya lokal
·    Teknik produksi kerajinan
·    Tahapan proses produksi kerajinan
·    Jenis dan kegunaan bahan kemas
·    Teknik penyajian dan pengemasan
·         Mengamati berbagai produk kerajinan di industri sekitar sekolah, toko kerajinan, internet, video dan atau membaca literatur/buku teks
·         Mengumpulkan data/informasi untuk memperoleh jawaban dari berbagai pertanyaan yang dikembangkan
·         Latihan membuat kerajinan 
·         Mengolah atau menganalisis  informasi yang  telah dikumpulkan  dari  kegiatan  mengamati dan eksperimen produksi kerajinan serta membuat hubungan keduanya dan menyimpulkan
·         Menyajkan hasil analisis dan simpulan dalam berbagai bentuk media (lisan dan tulisan)

4.2    Memproduksi kerajinan berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan lingkungan sekitar/pasar lokal berdasarkan daya dukung yang dimiliki oleh daerah setempat
·    Memproduksi kerajinan berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan lingkungan sekitar/pasar lokal berdasarkan daya dukung yang dimiliki oleh daerah setempat
3.3    Memahami perhitungan titik impas (Break Even Point) usaha kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan lingkungan sekitar/ pasar lokal
·    Mengidentifikasi informasi tentang perhitungan titik impas /BEP ( Break Event Point ) usaha kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan lingkungan sekitar/ pasar lokal
·    Mengolah informasi yang didapat tentang penghitungan titik impas /BEP ( Break Event Point ) usaha kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan lingkungan sekitar/ pasar lokal
·    Menganalisis hasil pengamatan/kajian literatur  dan diskusi tentang penghitungan titik impas /BEP ( Break Event Point ) usaha kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan lingkungan sekitar/ pasar lokal 
·    Menyimpulkan hasil pengamatan/kajian literatur  dan diskusi tentang penghitungan titik impas /BEP ( Break Event Point ) usaha kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan lingkungan sekitar/ pasar lokal 
·    Pengertian BEP
·    Biaya tetap dalam usaha kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan lingkungan sekitar/ pasar lokal
·    Biaya variabel usaha kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan lingkungan sekitar/ pasar lokal
·    Perhitungan BEP usaha kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan lingkungan sekitar/ pasar lokal
·    Membaca literatur atau buku teks Titik Impas (BEP) kerajinan
·    Mengumpulkan data/informasi tentang untuk memperoleh jawaban dari berbagai pertanyaan yang dikembangkan
·    Latihan menghitung titik impas sesuai kasus yang diberikan guru dan mengevaluasi hasil perhitungan
·    Mengolah dan menganalisis data yang terkumpul dari hasil diskusi dan latihan serta membuat kesimpulan
·    Menyajikan  hasil  analisis dan simpulan tentang hasil diskusi dan latihan serta membuat kesimpulan
4.3    Menyusun rencana pengembangan usaha kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan lingkungan sekitar/pasar lokal
·    Menghitung titik impas (break even point) usaha kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan lingkungan sekitar/ pasar lokal
·    Menyajikan hasil  penghitungan titik impas /BEP ( Break Event Point ) usaha kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan lingkungan sekitar/ pasar lokal
3.4    Menganalisis media promosi untuk produk hasil usaha kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan lingkungan sekitar/pasar lokal
·    Menganalisis fungsi dan tujuan promosi
·    Menganalisis bentuk-bentuk  media promosi produk hasil usaha kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan lingkungan sekitar/pasar lokal
·    Memahami pemilihan media promosi yang tepat
·    Menganalisis prosedur pembuatan media promosi produk hasil usaha kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan lingkungan sekitar/pasar lokal
·    Fungsi dan tujuan promosi
·    bentuk-bentuk  media promosi produk hasil usaha kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan lingkungan sekitar/pasar lokal
·    pemilihan media promosi yang tepat
·    pembuatan media promosi produk hasil usaha kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan lingkungan sekitar/pasar lokal
·         Mengamati kegiatan media promosi produk kerajinan dengan  cara  observasi  ke pasar/super market/ sentra  penjualan  di sekitar sekolah atau  membaca/menyimak dari  berbagai literatur atau nara sumber lain
·         Membuat pertanyaan dan berdiskusi  untuk mendapatkan informasi tentang media promosi
·         Mengumpulkan data/informasi untuk menjawab pertanyaan dan memperkuat pemahaman tentang media promosi
·         Latihan  memasarkan produk kerajinan  melalui berbagai media promosi
·         Menganalisis dan menyimpulkan informasi/data serta menghubungkannya
·         Menyajikan hasil analisis dan simpulan tentang  media promosi dalam berbagai bentuk  media (lisan/tulisan)
4.4    Merancang media promosi untuk produk hasil usaha kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan lingkungan sekitar/pasar lokal
·    Melakukan promosi produk hasil usaha kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan lingkungan sekitar/pasar lokal
·    Menyajikan laporan hasil promosi produk hasil usaha kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan lingkungan sekitar/pasar lokal
3.5    Menganalisis sistem konsinyasi untuk kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan lingkungan sekitar/pasar lokal
·    Memahami konsep konsinyasi untuk kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan lingkungan sekitar/pasar lokal
·    Memahami cara dan proses konsinyasi untuk kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan lingkungan sekitar/pasar lokal
·     System konsinyasi
·    Cara dan proses konsinyasi
·         Mengamati  komponen system konsinyasi  dengan menggunakan berbagai sumber belajar yang relevan
·         Membuat pertanyaan untuk mendapatkan informasi tentang system konsinyasi
·         Mengumpulkan data/informasi tentang komponen system konsinyasi
·         Berlatih mengevaluasi hasil usaha yang telah dilakukan
·         Menganalisis dan menyimpulkan  informasi/data serta menghubungkan teori dan praktik evaluasisistem konsinyasi yang dilakukan
·         Menyajikan hasil analisis dan simpulan tentang  system konsinyasi dalam berbagai bentuk media (lisan/tulisan
4.5    Memasarkan kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan lingkungan sekitar/pasar lokal dengan sistem konsinyasi
·    Memasarkan kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan lingkungan sekitar/pasar lokal dengan sistem konsinyasi
3.6    Memahami perencanaan usaha kerajinan berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan pasar global yang meliputi ide dan peluang usaha, sumber daya, administrasi, dan pemasaran
·    Memahami ide dan peluang usaha kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan pasar global
·    Memahami analisa peluang usaha kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan pasar global
·    Memahami sumber daya yang di butuhkan untuk usaha kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan pasar global
·    Memahami administrasi dan pemasaran usaha kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan pasar global
·    Memahami komponen perencanaan usaha kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan pasar global
·    Memahami langkah-langkah penyusunan proposal usaha kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan pasar global
·    Ide dan peluang usaha
·    Analisa peluang usaha
·    Sumber daya yang di butuhkan
·    Administrasi dan pemasaran
·    Komponen perencanaan usaha
·    Langkah-langkah penyusunan perencanaan/proposal usaha
·         Membaca dan mencermati model perencanaan/proposal usaha kerajinan
·         Membuat pertanyaan  terhadap apa yang belum diketahui
·         Mengumpulkan data/informasi tentang ide dan peluang usaha, analisa peluang usaha, sumber daya yang di butuhkan serta administrasi dan pemasaran
·         Membuat  perencanaan/proposal usaha  kerajinan 
·         Mengolah  informasi dan data yang diperoleh, membuat hubungan antara pengetahuan dan praktik dalam bentuk perencanaan usaha dan menyimpulkan
·         Menyajkan hasil analisis dan simpulan tentang perencanaan usaha yang dibuat dalam bentuk lisan dan tulisan

4.6    Menyusun perencanaan usaha kerajinan berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan pasar global yang meliputi ide dan peluang usaha, sumber daya, administrasi, dan pemasaran
·    Menyusun perencanaan usaha kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan pasar global meliputi ide dan peluang usaha, sumber daya, administrasi, dan pemasaran
3.7    Menganalisis sistem produksi kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan pasar global dengan daya dukung yang dimiliki oleh daerah setempat
·    Memahami jenis dan karakteristik bahan dan alat kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan pasar global
·    Menganalisis macam-macam  kerajinan berdasarkan inspirasi budaya lokal yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan pasar global
·    Menganalisis teknik produksi kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan pasar global
·    Menganalisis tahapan proses produksi kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan pasar global
·    Menganalisis jenis dan kegunaan bahan kemas produk kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan pasar global
·    Menganalisis teknik penyajian dan pengemasan produk kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan pasar global
·    Jenis dan karakteristik bahan dan alat kerajinan
·    Macam-macam  kerajinan berdasarkan kebutuhan dan keinginan pasar global
·    Teknik produksi kerajinan
·    Tahapan proses produksi kerajinan
·    Jenis dan kegunaan bahan kemas
·    Teknik penyajian dan pengemasan
·         Mengamati berbagai produk kerajinan di industri sekitar sekolah, toko kerajinan, internet, video dan atau membaca literatur/buku teks
·         Mengumpulkan data/informasi untuk memperoleh jawaban dari berbagai pertanyaan yang dikembangkan
·         Latihan membuat kerajinan 
·         Mengolah atau menganalisis  informasi yang  telah dikumpulkan  dari  kegiatan  mengamati dan eksperimen produksi kerajinan serta membuat hubungan keduanya dan menyimpulkan
·         Menyajkan hasil analisis dan simpulan dalam berbagai bentuk media (lisan dan tulisan)

4.7    Memproduksi kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan pasar global berdasarkan daya dukung yang dimiliki oleh daerah setempat
·    Memproduksi kerajinan berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan pasar global berdasarkan daya dukung yang dimiliki oleh daerah setempat
3.8    Mengevaluasi kegiatan usaha kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan pasar global
·    Memahami komponen evaluasi hasil usaha kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan pasar global
·    Menjelaskan permasalahan usaha kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan pasar global dan solusinya
·    Memahami langkah pengembangan usaha kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan pasar global
·    Komponen evaluasi hasil usaha kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan pasar global
·    Permasalahan usaha kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan pasar global dan solusinya
·    Pengembangan usaha kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan pasar global.
· Mengamati  komponen evaluasi hasil usaha dengan menggunakan berbagai sumber belajar yang relevan
· Membuat pertanyaan untuk mendapatkan informasi tentang evaluasi hasil usaha
· Mengumpulkan data/informasi tentang komponen evaluasi hasil usaha
· Berlatih mengevaluasi hasil usaha yang telah dilakukan
· Menganalisis dan menyimpulkan  informasi/data serta menghubungkan teori dan praktik evaluasi yang dilakukan
· Menyajikan hasil analisis dan simpulan tentang  laporan hasil evaluasi dalam berbagai bentuk media (lisan/tulisan)
4.8    Menyusun rencana pengembangan usaha kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan pasar global
·    Mengevaluasi hasil usaha yang telah dilakukan
·    Menganalisis dan menyimpulkan  informasi/data serta menghubungkan teori dan praktik evaluasi yang dilakukan
·    Menyajikan hasil analisis dan simpulan tentang  laporan hasil evaluasi dalam berbagai bentuk media (lisan/tulisan).
3.9    Menganalisis media promosi untuk produk hasil usaha kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan pasar global
·    Menganalisis fungsi dan tujuan promosi
·    Menganalisis bentuk-bentuk  media promosi produk hasil usaha kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan pasar global
·    Memahami pemilihan media promosi yang tepat
·    Menganalisis prosedur pembuatan media promosi produk hasil usaha kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan pasar global
·    Macam- macam media promosi
·    Fungsi media promosi
·    Cara membuat media promosi
·         Mengamati kegiatan media promosi produk kerajinan dengan  cara  observasi  ke pasar/super market/ sentra  penjualan  di sekitar sekolah atau  membaca/menyimak dari  berbagai literatur atau nara sumber lain
·         Membuat pertanyaan dan berdiskusi  untuk mendapatkan informasi tentang media promosi
·         Mengumpulkan data/informasi untuk menjawab pertanyaan dan memperkuat pemahaman tentang media promosi
·         Latihan  memasarkan produk kerajinan  melalui berbagai media promosi
·         Menganalisis dan menyimpulkan informasi/data serta menghubungkannya
·         Menyajikan hasil analisis dan simpulan tentang  media promosi dalam berbagai bentuk  media (lisan/tulisan)

4.9    Merancang media promosi untuk produk hasil usaha kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan pasar global
·    Melakukan promosi produk hasil usaha kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan pasar global
·    Menyajikan laporan hasil promosi produk hasil usaha kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan pasar global
3.10        Menganalisis sistem konsinyasi kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan pasar global
·    Memahami konsep konsinyasi untuk kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan pasar global
·    Memahami cara dan proses konsinyasi untuk kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan pasar global
·     System konsinyasi
·     Cara dan proses  konsinyasi
·          Mengamati  komponen system konsinyasi  dengan menggunakan berbagai sumber belajar yang relevan
·          Membuat pertanyaan untuk mendapatkan informasi tentang system konsinyasi
·          Mengumpulkan data/informasi tentang komponen system konsinyasi
·          Berlatih mengevaluasi hasil usaha yang telah dilakukan
·          Menganalisis dan menyimpulkan  informasi/data serta menghubungkan teori dan praktik evaluasisistem konsinyasi yang dilakukan
·          Menyajikan hasil analisis dan simpulan tentang  system konsinyasi dalam berbagai bentuk media (lisan/tulisan

4.10        Memasarkan kerajinan yang berdasar pada kebutuhan dan keinginan pasar global dengan sistem konsinyasi
·    Memasarkan kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan pasar global dengan sistem konsinyasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar